Image Alt

Blog

Kesepakatan Petani dan TNGGP: Babak Baru Pelestarian Alam Sukabumi

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Harapan Maju dan Cilondong Jaya sudah membuktikkan semua itu tidak hanya teori yang manis di mulut saja.

ESP-1Jakarta. Pulau Jawa adalah sebuah ironi. Dengan luas 13 juta hektar, wilayah hutan, yang sangat penting untuk ketersediaan air, udara bersih dan fungsi-fungsi ekosistem lainnya, di pulau berpenduduk lebih dari 120 juta jiwa ini tinggal tersisa 11% saja. Dengan kondisi seperti ini, sekecil apapun usaha untuk menghijaukan kembali Pulau Jawa menjadi sangat berarti.

Itulah yang dilakukan oleh Husna, ketua Kelompok Petani Harapan Maju di Desa Ginanjar, Sukabumi, Jawa Barat. Ayah satu anak ini setahun yang lalu masih berprofesi sebagai tukang ojek yang mencari penumpang di sekitar Jalan Raya Bogor – Sukabumi. Sehari-hari ada saja berita yang dia dengar seputar perusakan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) yang lokasinya tak jauh dari rumahnya. Mulai dari penebangan pohon untuk dijadikan arang atau kayu bakar, sampai pencurian beragam tanaman hias untuk dijual lagi di kota.

“Sedih kalau dengar hutan sumber air bersih untuk hidup sehari-hari dirusak oleh orang. Padahal kalau hutan gundul, yang susah, kan, kita juga,” kata Husna.

>> Selengkapnya

Sumber: www.esp.or.id | 8 Apr 2008

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on