Socials

Image Alt

Blog

TNGGP Berpartisipasi dalam ULTAH SMAN 8 Jakarta

Sabtu, 17 Mei 2008, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diundang dalam acara seminar pendidikan yang dilaksanakan di kampus SMA Negeri 8 Jakarta di Bukit Duri, Tebet – Jakarta Timur. Seminar tersebut dilaksanakan dalam acara memperingati hari jadi sekolah tersebut yang ke-50, selain itu banyak acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara, yaitu bazar, games, live concert, dan lainnya.
Hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Besar TNGGP Dr. Bambang Sukmananto untuk mempresentasikan “Kawasan Konservasi sebagai Wahana Pendidikan Lingkungan & Konservasi Alam”, dalam presentasinya beliau mengajak peserta untuk mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda tentang Kawasan Konservasi sebagai Wahana Pendidikan Lingkungan dan pentingnya fungsi ekosistem GEDEPAHALA yang telah mengalami banyak kerusakan. Titikberatnya adalah kawasan TNGGP sebagai penyangga dari kawasan elit Ibu Kota Jakarta. Beliau mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Kota Jakarta adalah tidak lepas dari rusaknya sebagian kawasan TNGGP dan hutan-hutan di sekitarnya yang merupakan daerah tangkapan air atau hulu dari sungai –sungai yang mengalir ke Kota Jakarta, maupun kota lain di sekitarnya seperti Bogor, Tangerang, Bekasi, Lebak, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur dan lainnyaB

Beliau juga menghimbau kepada yang hadir untuk gemar menanam pohon, karena banyak manfaat yang bisa diambil dari sebatang pohon. Manfaat tersebut adalah pencegah erosi tanah, pencegah banjir, produksi Oxygen(O2), penyerap karbon, dan lainnya. Beliau juga mencanangkan Program Adopsi Pohon sebagai program nyata dari gemar menanam pohon yang dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tahun 2008.

[teks & gambar © TNGGP 052008 | irfan]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on