Image Alt

Blog

Pendakian Pertama ke Puncak Gede

Bulan Agustus 2008, Junior expert dari JICA (Japan International Cooperation Agency), Yoshikazu Tatemoto mulai bekerja di TNGGP. Dia bekerja dalam bidang konservasi alam dan pendidikan lingkungan bersama dengan staf TNGGP. Kesempatan bagus, baru sekitar seminggu bekerja mendapat kesempatan naik gunung Gede bersama beberapa staf TNGGP untuk pertama kali. Berikut adalah kesan-kesan pendakian dari Yoshi.

Waktu naik gunung Gede saya merasa gelisah karena bahasa Indonesia saya belum lancar. Tetapi saya dapat menikmati pendakian karena saya naik gunung dengan staf TNGGP yang baik hati. Selama pendakian, saya melihat beberapa corat-coret di pohon-pohon dan sampah di jalan. Saya merasa menyesal dan sedih atas tindakan vandalisme tersebut . Tetapi hutan tropis di TNGGP sangat bagus dan pemandangan dari puncak Gede indah sekali. Saya berharap semoga banyak orang bisa menikmati pendakian di TNGGP dan tetap menjaga kelestariannya.

Saat ini banyak isu-isu dunia tentang masalah lingkungan, begitu juga di Jepang. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan dan ekowisata menjadi sangat penting. Di TNGGP melalui pendidikan lingkungan dan ekowisata, saya berharap manusia bisa memanfaatan alam dengan cara berkesinambungan. Untuk itu, saya bekerja di sini dengan bersungguh-sungguh. Untuk berbagi cerita lebih banyak, silahkan kunjungi blog saya.

[teks & gambar Β© TNGGP/JICA 082008 | yoshi]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on