Image Alt

Blog

7 Orang Staf TNGGP Mengikuti Diklat Pra Jabatan

Bulan Agustus, tepatnya mulai tanggal 20 – 4 September tahun 2008, selama dua minggu, 7 orang staf TNGGP mengikuti diklat Pra Jabatan di Balai Diklat Kehutanan Kadipaten di Majalengka, Jawa Barat. Diklat ini adalah syarat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara penuh.

Dalam diklat ini diberikan materi tentang tugas dan kewajiban sebagai PNS serta hak-haknya. Bersama dengan peserta lain dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia, dalam lingkup departemen kehutanan, metode diskusi diterapkan oleh para widyaiswara (pemateri). Selain itu terdapat materi berbaris-berbaris dan tata upacara sipil, dimana materi ini lebih menekankan kedisiplinan dan kekompakkan peserta. Materi-materi tersebut secara eksplisit menjelaskan bagaimana seorang abdi negara (PNS) memerankan dan menjalankan tugasnya yang sudah diatur dalam peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Dijelaskan pula sangsi dan hukuman yang dijatuhkan apabila aturan-aturan tersebut dilanggar. Diklat prajabatan ini memberikan dasar dan pondasi bagi peserta yang baru mulai menapak ke dunia Departemen Kehutanan.

Selama dua minggu berkumpul bersama, peserta diklat Pra Jabatan dari berbagai instansi di lingkup departemen kehutanan menjadi semakin akrab dan kompak. Berbagai kesan dan pesan yang menarik terungkap di malam perpisahan sebelum pengumuman kelulusan diklat Pra Jabatan.

Peserta dapat bersyukur karena seluruhnya dapat lulus dalam diklat Pra Jabatan kali ini. Saat penutupan perwakilan dari panitia penyelenggara menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan yang dicapai dan berpesan agar setelah kembali ke instansi masing-masing peserta diklat dapat bekerja dan mengabdi secara benar dan tulus sebagai seorang PNS.

[teks & gambar © TNGGP 092008 | tangguh]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on