Image Alt

Blog

Berdirinya Perkumpulan GEDEPAHALA

Pada hari Selasa, tanggal 7 Oktober 2008 telah berdiri Perkumpulan GEDEPAHALA. Perkumpulan GEDEPAHALA dibentuk dalam rangka merevitalisasi dan mempercepat akselerasi kinerja Konsorsium GEDEPAHALA [Gede-Pangrango-Halimun-Salak] yang sudah ada. Point penting dari didirikannya perkumpulan GEDEPAHALA adalah untuk mewujudkan terbentuknya koridor antara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sebagai satu kesatuan ekosistem (termasuk manusia di dalamnya) melalui implementasi berbagai program prioritas, salah satunya Program Adopsi Pohon.

TNGGP dan TNGHS memiliki ekosistem hutan hujan tropis pegunungan dengan karakteristik yang hampir sama. Dengan adanya perkumpulan ini diharapkan akan muncul luaran kegiatan yang positif dengan memadukan kesamaan karakteristik tersebut. Hal ini tersurat dalam maksud dan tujuan perkumpulan GEDEPAHALA, yaitu mendukung pengembangan TNGGP dan TNGHS sebagai satu kesatuan ekosistem dan mengembangkan program perlindungan kawasan konservasi sebagai sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman hayati dan ekosistemnya serta pemanfaatan sumberdaya alam secara lestari yang ada di kawasan TNGGP dan TNGHS.

Dari perkumpulan ini tentunya akan terjalin kerjasama dan pertukaran informasi bukan saja hanya antara TNGGP dan TNGHS, namun antar semua anggota perkumpulan secara lebih intensif untuk memajukan dan melestarikan ekosistem GEDEPAHALA dan kawasan konservasi [Taman Nasional] yang ada di dalamnya. Semoga dengan terbentuknya Perkumpulan GEDEPAHALA ini dapat mendukung upaya konservasi sumberdaya alam dan ekosisitemnya di kawasan TNGGP, TNGHS dan sekitarnya sebagai kesatuan ekosistem.

[ teks & gambar © TNGGP 112008 | tangguh ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on