Image Alt

Blog

Menuju Konsorsium Konservasi Alam Bodogol

Inilah awal baru untuk Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB), Kamis tanggal 1 Januari 2009, bertempat di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, diadakan pertemuan bersama oleh 3 lembaga untuk membahas kesepakatan dalam menyatukan pengembangan program pendidikan, penelitian dan rehabilitasi Owa Jawa yang ada di Bodogol. Pertemuan ini dihadiri oleh Dr. Ir Bambang Sukmananto, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Jatna Supryatna, PhD dari Conservational International Indonesia (CII), Ir. Wahjudi Wardojo MSc dan Dr. Noviar Andayani dari Yayasan Owa Jawa (YOJ) dengan moderator Anton Ario Msc (CII) .

Dari pertemuan ini menghasilkan kesepakatan berupa sebuah konsorsium dengan nama Konsorsium Konservasi Alam Bodogol (KAB). Ketiga lembaga ini bersepakat untuk menyatukan ketiga program yang ada di Bodogol dengan ruang lingkup:

  1. Pendidikan konservasi/ lingkungan untuk pelajar dan masyarakat umum dalam bentuk bina cinta alam dan interpretasi;
  2. Penelitian ekosistem dan keanekaragaman hayati;
  3. Penyelamatan, rehabilitasi, reintroduksi dan monitoring owa jawa;
  4. Pelatihan konservas/ lingkungan bagi petugas danmasyarakat;
  5. Penyediaan dan penyebaran informasi konservasi;
  6. Pengembangan kegiatan ekowisata yang berwawasan pendidikan konservasi/ lingkungan.

Tujuan dari kesepakatan kerjasama ini sebenaranya untuk melanjutkan kerjasama terdahulu priode 1998 – 2003 yang telah direvisis isinya sesuai dengan pengembangan program. Pengembangan program sendiri diarahkan kepada kegiatan pendidikan, pelatihan konservasi/ lingkungan, kegiatan rehabilitasi owa jawa dan data informasi bagi kepentingan umum.

Untuk proses pengembangan program konsorsium tersebut diharapkan Stasiun Penelitian Bodogol (SPB) akan mendatangkan para peneliti/ ahli yang akan mengumpulkan data-data/ informasi mengenai keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Bodogol. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) akan mempublikasikan, mengembangkan dan menginformasikan kepada pengunjung/ masyarakat umum dan Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Bodogol (JGC) akan menerima informasi mengenai ketersedian pakan, prilaku dan habitat owa jawa di hutan.

[ teks & gambar Β© PPKAB & TNGGP 012009 | EI ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on