Image Alt

Blog

Indosat M2 Tanam 2.000 Pohon

Kepala Balai Besar bersama CR GM Indosat M2

Pada tanggal 12 Maret 2009,  berlokasi di blok Sarongge Girang khususnya blok Pasir Tengah Resort PTN Sarongge Seksi PTN Wilayah II Gedeh, Bidang PTN Wilayah I Cianjur kembali d lakukan penanaman pohon pada kawasan perluasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melalui “Program Adopsi Pohon”.

Pada kesempatan tersebut bertindak sebagai adopter adalah Indosat M2  yang tergabung dalam blok Hutan Sahabat Green (Green Radio),  jumlah pohon yang ditanam sebanyak 2.000 bibit pohon yang terdiri dari jenis Puspa (Schima walichii) 1.000 batang, Huru (Litsea spp) 500 batang dan Suren (Toona sureni) 500 batang, lahan kritis yang ditanami seluas 5 Ha. Kegiatan ini dihadiri oleh Nur Syafruddin (Customer Relation General Manager Indosat M2), wartawan media cetak dan elektronik, Green Radio diwakili oleh Heru Hendratmoko (Direktur Produksi 89,2 FM Green Radio) dan betindak sebagai tuan rumah adalah Kepala Balai Besar TNGGP, Ir. Sumarto, MM. Dalam kata sambutannya GM Indosat M2 menyampaikan tentang manfaat pohon sebagai penghasil kayu yang digunakan sebagai bahan utama pembuat bubur kayu untuk pembuatan kertas, dimana pihak Indosat adalah salah satu perusahaan yang banyak menggunakan kertas untuk bill/ bukti, oleh sebab itu pihak perusahaan merasa terpanggil dan sadar untuk merestorasi kawasan-kawasan kritis sehingga kawasan tersebut dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Kepala Balai Besar TNGGP mengucapkan terima kasih kepada pihak Indosat M2 yang telah peduli terhadap upaya konservasi kawasan TNGGP yang merupakan hulu utama 3 Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berfungsi sebagai pengatur tata air dan menghidupi lebih dari 20 juta jiwa daerah sekitarnya, disampaikan pula bahwa dengan program adopsi pohon diharapkan TNGGP dapat membuka ruang bagi public baik lokal, nasional maupun internasional untuk bersama-sama membangun TNGGP.

Dana yang terkumpul selain digunakan untuk penanaman dan pemeliharaan pohon, juga digunakan sebagi modal usaha bagi masyarakat/kelompok tani agar hidup mandiri dan lepas dari ketergantungan lahan di kawasan TNGGP.  Sampai saat ini program adopsi pohon telah merehabilitasi kawasan TNGGP seluas 30 ha dengan melibatkan 77 Kepala Keluarga (KK), dengan rincian wilayah Cianjur 20 ha/45 KK, dan Bogor 10 ha/32 KK dengan adopter berasal dari berbagai kalangan baik politisi, menteri, perusahaan swasta maupun perseorangan.

Sebelum penanaman dilaksanakan, peserta (adopter) terlebih dahulu mendapat penjelasan tentang fungsi dan manfaat pohon serta  teknik dasar menanam pohon oleh Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) lingkup Bidang PTN Wilayah I Cianjur dalam bentuk pendidikan lingkungan, selanjutnya penanaman dimulai pada lahan yang telah disediakan dan telah dibuat lubang tanam dengan ditandai ajir diatasnya.
Acara diakhiri dengan makan siang berupa timbel yang dikemas dalam besek (anyaman bambu) dengan diiringi musik klasik khas Cianjuran kacapi dan suling. Semua peserta merasa senang dengan kegiatan ini. Semoga semakin banyak lagi pihak yang mempunyai komitmen untuk konservasi.

[teks & gambar © TNGGP 032009 | doy&red]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on