Image Alt

Blog

PAM Swakarsa Sebagai Wujud Partisipasi Aktif Masyarakat Sekitar TNGGP

hjfashf

Hutan merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan merupakan kekayaan alam milik bangsa dan negara yang tidak ternilai, sehingga hak-hak bangsa dan negara atas hasil hutan perlu dijaga dan dipertahankan agar hutan tersebut dapat memenuhi fungsinya bagi kepentingan bangsa dan negara.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang secara administratif terbagi dalam tiga kabupaten, Cianjur, Bogor dan Sukabumi merupakan salah satu kawasan konservasi yang mempunyai banyak potensi, baik potensi flora, fauna dan juga sebagai pensuplai air terbesar bagi masyarakat di sekitar Bogor, Cianjur, Sukabumi, Jakarta dan kota-kota lainnya. Terdapat 50 sungai dan 246 anak sungai  berhulu di kawasan ini. Melihat begitu pentingnya kawasan ini sebagai penyangga kehidupan menjadikannya perlu bahkan wajib untuk dipertahankan sehingga tetap dapat berfungsi dan bermanfaat secara lestari.

Pelaksanaan upaya pengamanan kawasan TNGGP pada dasarnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab bersama, untuk itu masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di sekitar kawasan ini merupakan potensi yang strategis dalam mendukung upaya pengamanan kawasan. Sehubungan dengan paparan diatas, sebagai langkah nyata pelibatan masyarakat secara aktif dalam upaya pengamanan kawasan, pihak TNGGP melakukan kegiatan pembentukan Pengamanan (PAM) Swakarsa lingkup Bidang Pengelolaan Wilayah I Cianjur Balai Besar TNGGP.

Maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung upaya konservasi TNGGP yang merupakan langkah nyata dilapangan berbasis kemitraan dengan masyarakat disekitar kawasan TNGGP. Adapun tujuannya adalah agar masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar kawasan TNGGP dapat berperan secara aktif dalam upaya pengamanan kawasan TNGGP. Kegiatan ini dilaksanakan beberapa hari yang lalu di Wisma Pasir Sarongge Desa Ciputri Kecamatan Pacet Kab. Cianjur yang berlangsung selama 1 (satu) hari.

Peserta berjumlah 40 orang yang terdiri berasal dari Seksi PTN Wilayah 1 Cibodas sebanyak 20 orang (Resort PTN Mandalawangi 10 orang dan Resort PTN Gunung Putri 10 orang), dan dari Seksi PTN Wilayah II Gedeh sebanyak 20 orang (Resort PTN Sarongge 10 orang dan Resort PTN Gedeh 10 orang).

Materi kegiatan yang disampaikan adalah :
1.     Kebijakan Pengelolaan TNGGP;
2.    Program-program kemitraan yang sudah, sedang dan akan dikembangkan oleh TNGGP, khususnya     program kemitraan yang mendukung terhadap upaya-upaya pengamanan kawasan TNGGP;
3.     Siskam Swakarsa;
4.     Mekanisme operasional TNGGP;
5.     Profil PAM Swakarsa;
6.   Pengenalan jenis gangguan serta dampak kegiatan PAM Swakarsa.

Kegiatan pembentukan PAM Swakarsa Lingkup Bidang Pengelolaan Wilayah I Cianjur yang dilaksanakan di Wisma Sarongge telah berhasil membentuk empat kelompok pam swakarsa yang masing masing diketuai oleh satu orang ketua regu. Untuk di Resort PTN Mandalawangi Sdr. Atih Suparman, Resort PTN Gunung Putri Sdr.Lili, Resort PTN Sarongge Sdr. Baehaki dan Resort PTN Tegallega Sdr. Usup.

Selama kegiatan peserta terlihat antusias, ini terlihat dari pada kesempatan pembekalan peserta setiap season. Para peserta banyak mengutarakan pertanyaan, saran dan masukan khususnya untuk mendukung kegiatan pengamanan kawasan TNGGP. Dalam kesempatan ini juga tercetus suatu pernyataan dari peserta bahwa mereka siap untuk turut serta mendukung dan melakukan pengamanan kawasan TNGGP.

[ teks & gambar © TNGGP | 052009 | aden, dadi & red ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on