Socials

Image Alt

Blog

Bidang I Cianjur On Air Di 93.1 Pasundan FM

Dalam rangka meningkatan pelestarian kawasan Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Balai Besar TNGGP melalui Bidang PTN Wilayah I Cianjur telah berupaya melakukan program kegiatan yang satu sama lain saling mendukung dan saling berkaitan,  baik itu program yang bersifat internal terhadap kelestarian kawasan berupa kegiatan perlindungan, pengawetan dan pelestarian maupun pendayagunaan sumber daya manusia pengelola kawasan, serta program-program keluar terkait dengan pengelolaan daerah penyangga, pengembangan kemitraan serta peningkatan apresiasi dan pemahaman masyarakat sekitar kawasan terhadap kelestarian kawasan TNGGP.

Salah satu program kegiatan yang sudah lama berjalan dan akan terus dilakukan adalah kegiatan pengembangan kemitraan serta peningkatan apresiasi dan pemahaman masyarakat sekitar kawasan terhadap kelestarian kawasan TNGGP, kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama dengan otoritas media radio yaitu stasiun radio lokal Pasundan 93.1 FM yang berada di daerah Pacet Kab. Cianjur dengan sasaran utama para pendengar/pemirsa di Kab.Cianjur terutama masyarakat yang berada di desa penyangga TNGGP yang kesehariannya masih memanfaatkan sarana radio dalam mengakses informasi-informasi terutama yang bersifat lokal. Namun ternyata stasiun ini memiliki daya pancar tidak hanya di Cianjur dan sekitarnya tetapi dapat menjangkau daerah Purwakarta, Bandung, Subang sampai dengan Indramayu yang tentunya merupakan nilai tambah penyebaran informasi tentang TNGGP kepada masyarakat.

Program ini mulai dirintis sejak  bulan agustus tahun 2003 dimana informasi yang disampaikan yaitu seputar TNGGP terkait informasi umum maupun informasi – informasi yang temporer dan up to date telah dilaksanakan oleh Seksi Konservasi Wilayah III Cianjur Balai TNGP pada waktu itu, Bidang PTN Wilayah I Cianjur Balai Besar TNGGP pada saat ini. Tim yang melaksanakan kegiatan tersebut dimotori oleh Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan maupun Polisi Kehutanan maupun. Dalam hal-hal informasi yang sangat prinsif adakalanya disampaikan oleh pejabat struktural di tingkat bidang wilayah. Kegiatan ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setiap bulan yaitu hari rabu jam 09.00 s/d 10.00 WIB.

Secara umum interaksi antara pemirsa/pendengar radio dengan nara sumber melalui pembawa acara sudah cukup baik, salah satu indikator keberhasilannya yaitu adanya interaksi beberapa pemirsa/pendengar yang menyampaikan pertanyaan atau pun saran melalui telepon maupun sort massage service (SMS) terhadap pembicara dari Balai Besar TNGGP Cq. Bidang PTN Wilayah I Cianjur.

[ teks & gambar © TNGGP | 062009 | zul & dhm PEH BPTN I ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on