Socials

Image Alt

Blog

Release Owa Jawa di Gede Pangrango

Pertengahan bulan Oktober 2009, Echi dan Septa, sepasang Owa Jawa (Hylobates moloch) akan menghuni rumah barunya di hutan alam yang berlokasi di Blok Hutan Patiwel, Resort Bodogol, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Bogor, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP).

Kegiatan release Owa Jawa pada pertengahan bulan Oktober 2009 nanti merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya (pre-release) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2009 oleh Direktur Jenderal PHKA Departemen Kehutanan. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama Conservation International Indonesia (CII) dan Yayasan Owa Jawa yang bergabung dalam kemitraan Javan Gibbon Center (JGC).

Secara umum sepasang owa jawa ini telah memenuhi standar kriteria pelepasliaran menurut IUCN, dengan memperlihatkan indikator Behaviour (perilaku) alami. Echi dan Septa telah menunjukkan kesiapannya untuk tinggal di alam. Mereka sudah memakan makanan alam yang terdapat di hutan seperti jenis Ficus, buah Afrika (Maesopsis emenii), dll. Setiap pagi secara rutin mereka melakukan morning call untuk menandakan teritori mereka, bahkan mereka juga sudah melakukan kopulasi.

Saat ini sudah 20 hari Echi dan Septa  menempati kandang habituasi di Blok Hutan Patiwel. Masa habituasi direncanakan sekitar 2 (dua) bulan sebelum pasangan ini benar-benar dilepas ke habitat alaminya, dengan pertimbangan Owa Jawa tersebut sudah dapat beradaptasi dengan habitatnya yang baru.

Release Owa Jawa ini merupakan salah satu upaya konservasi insitu yang diharapkan dapat melestarikan keberadaan Owa Jawa di alam.  Pelaksanaan kegiatan release Owa Jawa direncanakan akan dihadiri oleh Menteri Kehutanan RI dan diliput baik oleh media nasional maupun internasional. Diharapkan dengan berperannya media, kepedulian akan konservasi khususnya terhadap kelestarian Owa Jawa, akan mencapai ke masyarakat luas.

[teks & gambar © TNGGP | 092009 | Ardi & Tangguh]

>> unduh PETA


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on