Image Alt

Blog

Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama TNGGP dengan Lembaga IdeA

Membuka tahun 2010, Balai Besar TNGGP membuat Kesepakatan Kerjasama dengan Lembaga Innovative Development for eco Awareness (IdeA), sebuah lembaga non pemerintah yang memiliki keahlian dalam bidang lembaga berbasis ramah lingkungan yang memiliki kompetensi dalam bidang perencanaan, perancangan dan pengelolaan, utamanya dalam pengembangan pariwisata kawasan berikut sarana pendukungnya.

Kesepakatan Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi pengelolaan di kawasan konservasi sebagaimana diamanatkan pada Permenhut P.19/Menhut-II/2004 tentang Kolaborasi Pengelolaan di Kawasan Pelestarian Alam. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa TNGGP telah dan sedang melakukan perubahan paradigma dalam pengelolaan di Kawasan Konservasi dengan mengedepankan pola bermitra untuk menunjang efektivitas dan rentang kendali pengelolaan di TNGGP, termasuk pengembangan ekowisata di TNGGP.

Kesepakatan Kerjasama dengan No.27/11-TU/2/2010 dan No. IdeA/08/01-DE/2010 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Ir Sumarto, MM. dan Direktur IdeA, Dr. Sekartjakrarini di Cibodas, adalah tentang PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PARIWISATA ALAM DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO. Maksud kesepakatan ini tentunya untuk membangun kolaborasi dan peran serta para pihak dalam mendukung pengembangan pariwisata alam di TNGGP.

Pada kemitraan ini, IdeA nantinya akan berperan membantu TNGGP untuk memberikan saran/masukan baik dalam bentuk rencana dan rancangan (design) pengembangan pariwisata alam di TNGGP yang menerapkan prinsip ekowisata. Diharapkan, kemitraan ini dapat mewujudkan TNGGP sebagai lokasi ekowisata yang tidak hanya sebagai obyek kunjungan biasa bagi masyarakat tapi dapat memberikan pembelajaran konservasi bagi masyarakat. Diharapkan IdeA dapat menjadi mitra yang membantu Balai Besar TNGGP dalam mewujudkan pembangunan wisata di TNGGP yang sesuai dengan prinsip pelestarian dan pendidikan konservasi.

Keterlibatan Lembaga IdeA sebagai mitra di TNGGP, diawali dengan keterlibatan lembaga ini dalam kesepakatan antara TNGGP dengan Reliance Securitas untuk kerjasama program Adopsi Pohon dalam rangka restorasi areal perluasan TNGGP, yang mana penandatanganan MoU dilakukan pada bulan Agustus 2009 di Menara Batavia, Jakarta. Saat itu, Lembaga IdeA telah menjadi salah satu pihak yang ikut untuk mendukung program Adopsi Pohon di TNGGP melalui CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan Reliance Securitas (RELI), perusahaan efek yang ditetapkan Menteri Keuangan sebagai penjual obligasi negara ritel Seri ORI006. Dari setiap minimal pembelian ORI006 Rp. 500.000.000,0 dan kelipatannya, maka RELI akan menjadi donatur 1 pohon selama 3 tahun.

[ teks & gambar Β© TNGGP | 012010 | sondang ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on