Socials

Image Alt

Blog

Ceria dengan School Visit

Rabu, 21 April 2010, hari itu ramainya celoteh anak-anak ikut meramaikan aktifitas di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP). Kunjungan sebanyak 30 (tiga puluh) anak yang duduk di kelas 5 SDN Ibu Dewi I Cianjur bersama beberapa guru pembimbingnya bertujuan untuk mengikuti kegiatan School Visit yang dilakukan oleh BBTNGGP.

School visit BBTNGGP merupakan salah satu kegiatan pendidikan lingkungan yang dikemas secara apik khas BBTNGGP yang ditujukan bagi pelajar dengan melakukan kunjungan ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Pengaplikasian metode “Learning by Playing in Nature” secara sederhana namun tepat sasaran dilakukan dengan kolaborasi antara penjelasan yang informatif, simulasi/eksperimen dan outdoor activity sangat dirasakan berbeda.

School Visit bertujuan memperkenalkan konservasi keanekaragaman hayati dengan konsep sederhana yang mudah dimengerti sesuai dengan tingkatan pendidikan. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar dapat lebih mencintai alam dan lingkungannya sedini mungkin. Disamping itu kegiatan ini juga berupaya untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang konservasi sumber daya alam hayati dan lingkungan hidup sehingga mereka dapat berperilaku selaras dengan alam lingkungannya. Action progress yang utama bagi para pelajar ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku yang ditunjukkan untuk lebih mencintai alam dan lingkungan sekitarnya. Pelaksaannya sendiri dimotori oleh fungsional Penegendali Ekosistem Hutan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebagai panitia dan mentor.

Mengambil tema “Hutan untuk Kesejahteraan Masyarakat”, BBTNGGP memberikan dua garis besar materi yaitu : Perkenalan keanekaragaman hayati TNGGP dan ekosistemnya serta pemanfaatannya secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Mengambil rute loop yang dimulai dari Kantor BBTNGGP menyusuri jalur interpretasi, trek sepeda gunung, Danau Mandalawangi, Pusat Riset Konservasi dan Bina Cinta Alam Satwa Cibodas, Sungai Cikundul dan berakhir di wisata edukasi-outbond BBTNGGP.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya meliputi pengamatan ekosistem hutan (unsur ekosistem, populasi pohon, jenis-bentuk daun), pengamatan satwa di Pusat Riset, Konservasi dan Bina Cinta Alam Satwa Cibodas (Kupu-kupu, Katak dan Lintah),  pengamatan sungai ( transek sungai, biota air, irigasi) dan pemanfaatan sampah melalui Reduce, Reuse dan Recycle serta metode lubang berpindah. Untuk kegiatan penutup School Visit, anak-anak diajak untuk melatih ketangkasan dan kekompakan melalui outbond activity.

Kegiatan School Visit BBTNGGP berjalan sesuai rencana dan mendapat respon yang sangat positif dari para peserta dan pihak sekolah. Hal ini diakui oleh Kepala Sekolah SDN Ibu Dewi I Cianjur yang melihat antusiasme para siswanya selama mengikuti kegiatan School Visit. Diharapkan kedepan kerjasama antara pihak sekolah dan BBTNGGP terus berlanjut dalam menanamkan jiwa konservasi dan kepedulian terhadap alam dan lingkugan sejak dini di lingkungan sekolah.

[ teks & gambar © TNGGP | 042010 | IS – red ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on