Socials

Image Alt

Blog

Selamat Hari Bumi

22 April, 40 tahun yang lalu Hari Bumi mulai diperkenalkan. Ketika itu, telah terjadi sebuah perubahan pergerakan kepedulian terhadap lingkungan di tahun 1970-an. Hari Bumi lahir diprakarsai oleh seorang senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson. Bermula di bulan September 1969, didalam persidangan di Seattle, Washington, Senator A.S. Gaylord Nelson mengumumkan, bahwa pada musim bunga tahun 1970 akan diadakan demonstrasi dari akar umbi di seluruh negara bagi pembelaan terhadap alam sekitar. Saat itu ia melakukan protes secara nasional terhadap kalangan politik terkait permasalahan lingkungan, dan mendesak agar isu-isu tersebut dimasukkan dalam agenda nasional.

Perjuangan Gaylord Nelson dimulai sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Hari Bumi pertama. Kampanye dilakukan sendiri ke beberapa negara bagian, ke seluruh pelosok negara, bukti penurunan kualitas lingkungan terjadi di mana-mana. semua orang menyadari hal ini.

Pada tanggal 22 April 1970, akhirnya sekitar 20 juta warga Amerika turun ke jalanan serta memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengkampanyekan kesehatan dan keberlangsungan lingkungan. Ribuan mahasiswa berkumpul menentang kerusakan lingkungan. Kelompok-kelompok yang sudah sejak lama menentang adanya tumpahan minyak di lingkungan, pabrik-pabrik dan pembangkit listrik penyebab polusi, buruknya saluran pembuangan, pembuangan bahan-bahan berbahaya, pestisida, jalan raya, hilangnya hutan belantara, serta semakin punahnya kehidupan liar menyadari adanya kebersamaan atas perjuangan mereka dari masyarakat.

Hari Bumi pertama, menjadi pembuka jalan terbentuknya United States Environmental Protection Agency/US EPA. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu Bumi dalam skala global.

Setiap tahun, Hari Bumi 22 April menandakan ulang tahun kelahiran bagi gerakan alam.

Hari ini, 22 April – Hari Bumi dan mendukung gerakan penyelamatan lingkungan terhadap perubahan iklim. Selamat Hari Bumi 2010! — tekad penduduk Bumi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih sehat….–.

[ teks & gambar © TNGGP | 042010 | ina dj ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on