Socials

Image Alt

Blog

Regina Pacis Memang Necis

Hutan adalah sahabatku,

Hutan adalah guruku,

Hutan adalah hidupku,

Tidak banyak yang mengetahui filsafat mengenai alam, filsafat sederhana yang dapat mengajarkan banyak hal tentang arti hidup, suatu bekal yang dapat diperoleh hanya dengan mengenal lebih dekat alam sekitar kita, suatu bekal yang dapat memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk Tuhan karena lestarinya alam tempat hidup kita.

Regina Pacis, salah satu sekolah swasta terbaik di bogor yang memiliki kepedulian tinggi terhadap konservasi hutan, menyambut baik konsep pendidikan konservasi lingkungan tersebut. Beberapa tahun terakhir, Regina Pacis telah beberapa kali melakukan kunjungan rutin ke TNGGP dalam kerangka School Visit. Untuk kesekian kalinya,  Regina Pacis mempercayakan pihak TNGGP untuk memberikan pendidikan konservasi lingkungan kepada  para muridnya.

Dengan tema “Saving Our Earth Through The Biodiversity Conservation”, Regina Pacis menggiring  tidak kurang dari 255 murid kelas 3 (tiga) Sekolah Menegah Atas Regina Pacis yang terdiri dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengunjungi TNGGP untuk mempelajari alam. Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari, dimulai pada hari Senin 26 Juli 2010 dan berakhir pada hari Kamis 29 Juli 2010, peserta dibagi menjadi 3 gelombang kedatangan. Untuk setiap gelombang kedatangan, kegiatan berlangsung selama 2 hari, hari pertama dimulai pada jam 13.00 dan berakhir pada jam 21.00. Hari kedua, keesokan harinya dilanjutkan pada jam 05.00 dan berakhir jam 11.00. Jadwal telah dirancang sedemikian rupa oleh Pihak TNGGP dengan tujuan memperkenalkan ritme kehidupan alam khususnya kehidupan di dalam hutan.

Hingga saat ini, pihak pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah memfasilitasi keinginan berbagai pihak yang memiliki kepedulian tinggi terhadap konservasi hutan. Kegiatan ini telah menjadi rutinitas tahunan para Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNGGP untuk melakukan penyadartahuan sekaligus menumbuhkan keinginan untuk terus melakukan pelestarian hutan. Dengan kemasan School Visit, TNGGP memberikan suatu paket pendidikan lingkungan kepada lembaga pendidikan berbagai tingkat untuk menjadi lebih peduli terhadap hutan. Atraktif, informatif, dan edukatif suatu konsep yang berusaha diterapkan dengan terjun langsung ke alam. Penuh permainan yang merangsang kesadaran tentang konservasi dengan tetap meyelipkan berbagai informasi mengenai keanekaragaman hayati hutan. Suatu insepsi terhadap pemikiran untuk tetap menghargai keberadaan hutan. Sebanyak 25 orang Pejabat Fungsional PEH dari Kantor Balai dan Bidang (Cianjur, Sukabumi, Bogor) diterjunkan langsung untuk menjadi mentor.

Paket yang ditawarkan kali ini, dimulai dengan mengenalkan hutan termasuk didalamnya jenis, fungsi, dan manfaat keberadaan hutan; memperkenalkan keanekaragaman hayati seperti flora, fauna, dan ekosistemnya sebagai penyusun kehidupan hutan; mengetahui proses kehidupan didalam hutan dan interaksi antar makhluk hidup yang terjadi; mengetahui dinamika kehidupan dalam lantai hutandan sungai; mengenal lebih dekat alam dengan memperhatikan perubahan alam dalam hutan saat transisi gelap dan terang; menggali pelajaran dalam hutan dan masih banyak lagi. Kesemuanya disajikan dengan cara yang menarik melalui interaksi langsung melalui permainan, simulasi aktif, dan analisis sederhana dengan mengaktifkan semua panca indera sehingga peserta dapat ikut merasakan dirinya menjadi bagian dari alam. Dengan cara ini, peserta diharapkan dapat lebih cepat menerima informasi mengenai arti penting hutan dalam kehidupan.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah agar semua peserta dapat lebih memahami fungsi hutan sebagai penopang kehidupan manusia, menghargai keberadaan hutan lengkap dengan keanekaragaman hayatinya  dan yang terakhir namun yang terpenting adalah melakukan tindakan nyata yang sederhana untuk melestarikan hutan tersebut.

Semua dimulai dari hal kecil, pemikiran yang kecil, tindakan yang kecil untuk mewujudkan kehidupan yang besar. Think locally, Act Locally, and get the best result globally for our Forest, TNGGP membantu mewujudkannya!!!! Regina Pacis memang necis…..

[ teks & gambar © TNGGP | 072010 | N10S-red ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on