Socials

Image Alt

Blog

Pergantian Pucuk Kepemimpinan di Balai Besar TNGGP

Sertijab Kababes

Pagi ini terlihat cerah walaupun awan sedikit menyelimuti puncak Gunung Gede, seolah-olah alam ikut merasakan apa yang saat ini dirasakan pegawai BBTNGGP atas apa yang terjadi. Memang, hari ini adalah salah satu hari bersejarah bagi BBTNGGP. Senin, 25 Oktober 2010 bertempat di Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), telah dilaksanakan pergantian pucuk Kepemimpinan melalui Serah Terima Jabatan (setijab) dari Kepala Balai TNGGP periode Tahun 2009-2010, Ir. Sumarto, MM yang dipromosikan sebagai Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung pada Ditjen PHKA di Bogor kepada Ir. Agus Wahyudi, MM.

Suasana haru dan bahagia mewarnai acara ini. Ir. Harianto, M.Sc, Kepala Bidang PTN Wilayah III Bogor, mewakili pegawai BB TNGGP menyampaikan kesan dan pesan selama masa kepemimpinan beliau dengan gaya khasnya yang cukup menghangatkan suasana saat itu. Banyak hal yang sudah dilakukan beliau untuk memajukan BB TNGGP sebagai salah satu taman nasional model di Indonesia, diantaranya melalui pelaksanaan 4 programnya, yaitu 1) Penguatan pengelolaan manajemen; 2) Penguatan pengelolaan/penguasaan teritorial; 3) Pemanfaatan SDA dan 4) Restorasi TNGGP. Salah satu hal yang pasti selalu ada dalam ingatan pegawai BB TNGGP karena hampir menjadi materi pokok yang disampaikan pada apel pagi setelah senam rutin hari Jum’at untuk mengingatkan program-programnya, adalah program pengelolaan sampah melalui lubang berpindah dan KSDA terapan melalui hemat listrik, Persemaian skala Rumah Tangga dan Budidaya Lebah Madu. Sadar atau tidak, tampaknya proses idiologisasi cukup berhasil. Selain itu, konsentrasi yang lebih untuk memaksimalkan salah satu fungsi taman nasional, yaitu fungsi pemanfaatan terlihat dari banyaknya terobosan baru dalam pengembangan wisata alam melalui beragam paket wisata alam yang ditawarkan. Merangkul banyak mitra untuk berkerjasama membangun TNGGP agar lebih memberikan manfaat bagi masyarakat juga menjadi salah satu agenda penting semasa kepemimpinannya. Dan satu lagi yang pasti akan selalu menjadi kenangan tak terlupakan bagi para pejabat eselon III dan IV di lingkup BBTNGGP adalah keunikan gaya kepemimpinan beliau yang memilih model koordinasi melalui sms (baca: Short message service), karena tidak cukup 1-2 sms.

Tak ada gading yang tak retak…Begitupun selama masa kepemimpinan beliau, tetapi semangat untuk membangun BB TNGGP akan selalu ada dalam hati pegawai BB TNGGP yang selalu siap untuk maju dan maju dalam setiap kondisi apapun. Kami keluarga besar BBTNGGP mengucapkan Selamat Jalan Bapak Ir. Sumarto, MM dan Selamat Datang Bapak Ir. Agus Wahyudi, MM untuk Berkarya dan Membangun Dunia yang Lebih Baik bagi Kita Semua.

Selasa tanggal 28 September 2010 telah dilaksanakan Serah Terima Jabatan (sertijab) Pejabat Eselon III Lingkup Balai Besar (TNGGP). Ada 3 (tiga) pejabat yang melaksanakan sertijab yaitu Drs. Suwarno, MM yang semula menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha, sekarang menjadi Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur menggantikan Ir. Supratman Tonny, BScF. yang telah menjalani masa pensiun. Adapun Jabatan Kepala Bagian Tata Usaha digantikan oleh Ir. Syamsuliati yang semula menjabat sebagai Kepala Seksi Pengembangan pada Subdit Bina Cinta Alam, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam. Pejabat Eselon III lainnya yang melaksanakan sertijab adalah Ir. Afrizal, MM yang semula menjabat sebagai Kepala Bidang teknis Konservasi pada Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sekarang menjabat sebagai Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi menggantikan Dr. Ir. Widada, MM yang saat ini menjabat sebagai Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

[ teks & gambar © TNGGP | 102010 | Krida – red ]

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on