Socials

Image Alt

Blog

Sosialisasi Master Plan Mitigasi Bencana Alam /Gunungapi Taman Nasional Gn Gede Pangrango

Bertempat di Inkarla pada 18 Januari 2011, Balai Besar Taman Nasional Gn Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan Sosialisasi Master Plan Mitigasi Bencana Alam /Gunungapi Taman Nasional Gn Gede Pangrango. Dengan dihadiri oleh perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD), Dinas Sosial dan Dinas Pariwisata dari 3 (Tiga) Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Dan Bogor, Serta Beberapa Camat Di Sekitar TNGGP, Kabid Pengamatan Dan Penyelidikan PVMBG, M Hendrasto dari Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprentasikan Master Plan Mitigasi Bencana Alam /Gunungapi Taman Nasional Gn Gede Pangrango dan sebelumnya Draft Master Plan tersebut dibahas oleh Dr. Achmad Syarmidy dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pembuatan master plan ini mempunyai maksud untuk membuat kajian potensi ancaman bahaya erupsi terhadap wilayah disekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan sekitarnya yang bertujuan untuk menentukan landasan dalam upaya mitigasi bencana erupsi gunungapi Gede dan landasan berpikir dalam pengaturan tata ruang berbasis bencana sekaligus menyiapkan skenario bencana terhadap seluruh wilayah ini.

Usaha mitigasi untuk mengantisipasi kemungkinan erupsi pada waktu yang akan datang selain pemantauan secara visual juga dilakukan pemantauan secara instrumental selain itu juga dengan membuat Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB), Peta KRB dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun penataan ruang. Peta KRB dibagi menjadi 3 daerah, yaitu :

· KRB III merupakan wilayah yang sangat berbahaya karena jika terjadi letusan sering terlanda awan panas, lontaran batu pijar, hujan abu lebat dan lontaran material letusan lainnya.

· KRB II merupakan wilayah yang apabila terjadi letusan berpotensi terlanda limpahan awan panas, lontaran batu pijar dan hujan abu.

· KRB I berpotensi terlanda lahar hujan dan hujan abu.

Dari hasil Konsultasi Publik Draft Master Plan Mitigasi Bencana Alam /Gunungapi Taman Nasional Gn Gede Pangrango direkomendasikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh berbagai pihak yakni :

1. Perlu sosialisasi dokumen master plan mitigasi bencana letusan G. Gede kepada Pemerintah daerah baik di 3 Kabupaten dan Propinsi, juga Pemerintah Daerah disepanjang DAS (Cimandiri, Ciliwung, Cisadane, dan Citarum).

2. Sosialisasi master plan bencana G. Gede dengan berbagai media cetak maupun elektronik terutama melalui media resmi Pemerintah.

3. Perlu inventarisasi apa saja yang ada di KRB III, KRB II baik ekosistem apa saja di KRB II, dan berapa jumlah masyarakat, aset, fasilitas di KRB I.

4. Dokumen teknis ini akan di hubungkan dengan kontigensi plan dari Pemda (3 Kabupaten), dan perlu kajian sosial, ekonomi, ekologi, termasuk perhitungan Cost Damage.

5. Segera Pemda Propinsi (BPBD Propinsi) untuk melakukan simulasi evakuasi di sekitar G. Gede (3 Kabupaten)

6. Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah baik daerah maupun pusat mengenai Tata Ruang Bopuncur apakah G. Gede sebagai Gunung Api (daerah rawan bencana) telah menjadi pertimbangan dalam penyusunan Tata Ruang baik tingkat nasional, propinsi maupun kabupaten.

7. Mengoptimalkan peran forum koordinasi dan komunikasi Cagar Biosfer Cibodas dalam penanganan bencana gunung api dengan segera mendorong pembentukan FORUM KOMUNIKASI Bencana Alam G. Gede yang terdiri dari BPBD Kabupaten, PVMBG, TNGGP dan pihak lain yang berkaitan dengan penanggulangan bencana dibawah koordinasi BPBD Propinsi.

8. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango melakukan pemasangan rambu/papan peringatan tentang bahaya gunungapi bagi para pendaki dan masyarakat G. Gede.

9. Penataan Kawasan di sekitar G. Gede terkait dengan perubahan fungsi langan di sepanjang daerah rawan bencana gunung api oleh Pemerintah Daerah.

10. TNGGP untuk membuat kajian Aspek Ekologi seperti:

  • Perencanaan restorasi kawasan akibat bencana gunung berapi
  • Perencanaan mitigasi satwa dan penangaan konflik satwa
[ teks © TNGGP 012011 | P3 – red ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on