Socials

Image Alt

Blog

TNGGP MERAIH ISO 14001 : 2004

Hari Rabu tanggal 9 Februari 2011 akan menjadi salah satu hari bersejarah bagi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mengingat pada tanggal tersebut TNGGP disahkan sebagai ”Taman Nasional Pertama di Indonesiayang berhasil memperoleh sertifikasi ISO 14001 : 2004, dalam ruang lingkup (scope) 3 (tiga) aspek yaitu pelayanan pendakian, pemantauan dan pengelolaan lingkungan (pengelolaan sampah) dan siaga tanggap darurat (STD).

Ucapan selamat dalam bentuk spanduk ”Selamat atas Perolehan Sertifikat ISO 14001:2004“, berasal dari Lembaga Sertifikasi Nasional ”PT Superintending Company Of Indonesia” atau lebih dikenal dengan nama Sucofindo ICS yang telah mensahkan sertifikasi ISO 14001 : 2004 untuk balai besar TNGGP, dengan masa berlaku sertifikat selama 3 (tiga) tahun, yaitu mulai tanggal 9 Februari 2011 s.d 8 Februari 2014.

Raihan sertifikasi ISO 14001 : 2004 merupakan prestasi, kebanggaan, profesionalisme dan konsistensi TNGGP dalam meningkatkan kualitas management yang didukung oleh sumberdaya manusia yang baik sesuai komitmennya terhadap pedoman dan kebijakan lingkungan yang telah disepakati. Sertifikasi tersebut diperoleh dengan usaha yang optimal dari seluruh elemen internal TNGGP karena sangat tidak mudah untuk memulai sesuatu yang baru dan menjadi pionir.

Proses sertifikasi di TNGGP dimulai sejak awal tahun 2010, rangkaian kegiatannya dari mulai pendampingan konsultan, pembentukan tim pelaksana ISO, pelatihan-pelatihan terkait Sistem Manajemen Lingkungan (SML) seperti pelatihan kesadaran lingkungan dan audit internal, identifikasi aspek lingkungan, penyusunan dan pengesahan dokumen SML, implementasi pelaksanaan SML, proses audit internal, tinjauan manajemen dan proses terakhir yang paling menentukan berhasil atau tidaknya sertifikasi yaitu pelaksanaan audit eksternal oleh lembaga sertifikasi Sucofindo ICS.

Setelah melalui serangkaian proses sertifikasi tersebut di atas, akhirnya pada tanggal 9 Februari 2011 TNGGP dinyatakan lulus dan layak untuk memperoleh sertifikat ISO 14001 : 2004. Peluncuran (launching) sertifikasi ISO 14001 : 2004 di TNGGP akan dilaksanakan pada hari senin, 7 Maret 2011 Diharapkan dengan adanya sertifikasi ini, akan selalu menjadi motivasi, terhadap kinerja SDM pengelola TNGGP untuk selalu meningkatnya kualitasnya sehingga secara tidak langsung akan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan konservasi secara menyeluruh di TNGGP.

Diharapkan dengan adanya sertifikasi ISO 14001-2001 harapan sesuai UU no 5 tahun 1990, bahwa melestarikan kawasan konservasi adalah tanggungjawab bersama jadi marilah kita ikut menjaga, melindungi dan melestarikan kawasan konservasi yang menjadi benteng pertahanan terakhir sebagai penyangga kehidupan dapat tercapai, khususnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

[ teks © TNGGP 032011 | Yanie – red ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on