Socials

Image Alt

Blog

Pendidikan pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Penyangga Kawasan Konservasi TNGGP

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis terbaik di pulau Jawa. Nilai penting dari TNGGP ini bukan hanya terbatas pada ekoturisme dan keanekaragaman hayatinya saja, tetapi termasuk nilai jasa lingkungan TNGGP, yaitu nilai penting TNGGP sebagai penyedia air bersih, pengatur tata air dan kemampuan ekosistem TNGGP untuk menyerap dan menyimpan karbon dalam hal ini pemeliharaan kualitas udara/iklim.

Dengan adanya kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya di kawasan konservasi harus diimbangi dengan kegiatan pelestariannya sedangkan kegiatan pelestarian dimaksud hanya akan berjalan optimal apabila ditunjang dengan peningkatan kesadaran, partisipasi dan keikutsertaan masyarakat sekitar kawasan dalam ikut menjaga dan melestarikan kawasan TNGGP. Hal tersebut yang melatarbelakangi diadakannya sebuah kegiatan secara rutinitas tentang pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TNGGP. Kegiatan pemberdayaan dan pendidikan lingkungan hidup kepada masyarakat tersebut merupakan sarana penunjang dan media dalam proses pengembangan dan meningkatkan pola piker masyarakat sebelumnya dalam melestarikan, melindungi dan menjaga lingkungan hidup sekitar kawasan agar tetap lestari selamanya.

Dengan adanya pembentukan dan pembinaan masyarakat sekitar kawasan konservasi yang TNGGP diharapkan nantinya dapat menjadi pionir dan ujung tombak yang dapat membantu pelaksanaan tugas dan fungsi taman nasional agar tujuan pengelolaannya tercapai dengan optimal.

Salah satu kegiatan pendidikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat tersebut seperti yang dilakukan oleh seorang Junior Expert JICA yaitu Mr. Kenichi Yoshida, MA dengan melakukan pendidikan dalam membuat Kompos di Desa Pasir Buncir pada tanggal 14 Oktober 2011 yang diikuti hampir mayoritas ibu rumah tangga sebanyak 7 orang, dimana desa yang dilakukan pendidikan ini merupakan salah satu desa penyangga yang ada disekitar kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini sudah berlangsung sejak bulan awal September yang berada di wilayah pengelolaan Taman Nasional Bidang Bogor.

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh Junior Expert JICA ini untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan cara mengelola sampah rumah tangga yang baik dan benar untuk dimanfaatkan menjadi Kompos yang dapat digunakan untuk menjadi pupuk alami pada lahan pertanian masyarakat tersebut, selain itu juga untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat atas dampak dari pengelolaan sampah rumah tangga yang salah terhadap lingkungan hidup disekitar kawasan konservasi TNGGP, dan semoga kegiatan ini terus berlangsung secara terus menerus.

[ teks & gambar – ME & Kenichi Y ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on