Socials

Image Alt

Blog

SERAH TERIMA KEPALA SATGAS POLHUT BBTNGGP

Polhut TNGGP dituntut lebih profesional lagi berhubung tantangan di depan semakin banyak. Keberhasilan pada era satgas sebelumnya agar menjadi dasar untuk lebih meningkatkan kinerja penindakan hukum di kawasan TNGGP, menjadi PR yang penting bagi satgas sekarang. Tapi itu bukan tidak mungkin dengan kerjasama di semua lini pengamanan kawasan, bisa mengatasi semua masalah yang ada”. Itu kutipan sambutan Kepala BBTNGGP Ir. Agus Wahyudi, MM. pada acara serah terima Kepala Satgas BBTNGGP dari Aden Mahyar B, SH. kepada Ida Rohaida SP., MSc. di kantor balai Besar TNGGP pada tanggal 24 September 2012 lalu.

Pencapaian kegiatan polhut khususnya pengamanan kawasan periode 2009 – 2012 pada masa Aden Mahyar B., SH. di antaranya penyelesaian 3 kasus ilegal logging dengan barang bukti 14 m2 kayu olahan, 4 lbr kayu olahan lain dan 20 btg kayu log, disamping 150 karung pakis olahan. Untuk kasus perambahan berhasil mengeluarkan perambah di Curug Ciheulang resort Gunung Putri dan wilayah lain dengan kerjasama dengan Polri di resort-resort setempat. Keberhasilan lainnya adalah mengungkap kasus perdagangan tumbuhan dan satwa ilegal (TSL) yang bekerjasama dengan SPORC dan BKSDA Jawa Barat. Peningkatan kerjasama pengamanan kawasan juga dijalin berupa MoU dengan Kejaksaan Negeri Bogor dan mitra-mitra Polhut lainnya.

Akan tetapi bukan berarti semua masalah sudah bisa diatasi, masih terdapat beberapa kendala diantaranya: Kondisi politik ekonomi sosial dan budaya masyarakat secara keseluruhan menjadi kendala ketegasan penindakan represif Polhut di lapangan, masih kurang terakomodirnya kegiatan preventif dan preemtif di dalam anggaran mengurangi kualitas persuasif kepada masyarakat, serta sinergitas program pengelolaan dengan program pengamanan hutan terutama masalah perambahan dan penggunaana kawasan non prosedural.

Saat ini, Aden Mahyar B.,SH menduduki jabatan baru sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I, pada Bidang PTN Wilayah I Cianjur Balai Besar TNGGP. Diharapkan kedepan permasalahan pengamanan hutan di wilayah seksi PTN Wil I dapat ditangani lebih baik terutama perambahan dan kawasan non procedural.

[ teks © TNGGP 102012 | P3- IDR]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on