Socials

Image Alt

Blog

IndoGreen Forestry Expo Ke 5

Untuk ke 5 (lima) kalinya, Kementerian Kehutanan menyelenggarakan pameran kehutanan “IndoGreen Forestry Expo”, yang akan digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre, Jakarta pada tanggal 4 – 7 April 2013. Pameran ini merupakan ajang diseminasi informasi kepada khalayak luas tentang potensi yang dimiliki oleh sektor kehutanan, tata cara pengelolaan hutan, pemanfaatan berkelanjutan dan pelestarian hutan beserta hasil hutannya baik kayu maupun non kayu. Bagi sektor swasta, IndoGreen Forestry Expo ini merupakan media sosialisasi atas aksi mereka dalam pembangunan kehutanan baik dalam bentuk reklamasi hutan maupun lahan bekas tambang.

Pada 2013, pameran yang bertemakan Green Economy, merupakan wujud dukungan Kementerian Kehutanan terhadap program pemerintah yaitu “Sustainable Growth with Equity in Forestry Sector Toward 2020” dan upaya merealisasikan Konsep Gaya Hidup yang Hijau Menuju Indonesia Hijau (Green Living Concept Towards Green Indonesia). Lebih dari 100 (seratus) stand akan mewarnai pameran ini. Untuk stand Kementerian Kehutanan akan diikuti oleh unit eselon I Lingkup Kementerian Kehutanan, termasuk Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Konservasi Alam dan Hutan Lindung (PJLKKHL) sebagai wakil dari Direktorat Direktorat Jenderal (PHKA). Keikutsertaan Direktorat PJLKKHL merupakan partisipasi untuk yang ke tiga kalinya sejak tahun 2011. Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Jasa Lingkungan Sebagai Era Baru Konservasi”, stand Direktorat akan menampilkan  5 pemanfaatan jasa lingkungan yaitu wisata alam, air, karbon, panas bumi dan flora-fauna. Selain itu, dua event besar yang akan berlangsung pada tahun 2013 ini juga akan disosialisasikan kepada masyarakat luas pada stand Direktorat yaitu: (1) Hari Konservasi Alam Nasional (HAKN) yang akan jatuh pada tanggal 10 Agustus 2013, dan (2) Sail Komodo yang akan diselenggarakan sejak Agustus – September 2013. Beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkup Ditjen PHKA, akan bergabung pada stand Direktorat yaitu dari Balai Taman Nasional: Gunung Ceremai, Bantimurung Bulusaraung, Kepulauan Togean, Wakatobi, Bali Barat serta Balai KSDA Sulawesi Tengah.

Pameran direncanakan akan dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, pada hari Kamis, 4 April 2013, dilanjutkan dengan acara talkshow yang akan berlangsung sampai pukul 18.00 WIB. Dalam acara talkshow tersebut, Direktorat PJLKKHL berkesempatan menjadi salah satu narasumber untuk slot bertemakan Hari Konservasi Alam Nasional (HAKN). Rangkain acara seperti pentas seni, fun bike dan acara hiburan lainnya, akan meramaikan pameran.

Aksi nyata Kementerian Kehutanan untuk mendukung Konsep Gaya Hidup Hijau, akan diwujudkan pula melalui pembagian bibit buah-buahan dan tanaman kehutanan kepada para pengunjung selama pameran berlangsung. Sebanyak 1000 (seribu) bibit akan dibagikan setiap harinya secara gratis.  Ayo kunjungi stand kami?

[teks & gambar © PJLKKHL | 032013 | triwin&kOEszky]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on