Image Alt

Blog

SEORANG PENGUNJUNG TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO MENINGGAL PADA SAAT DIEVAKUSI

Pada hari Kamis tanggal 30 April 2015, seorang pendaki atas nama M. Aan Ruslan Arif umur 45 tahun, meninggal dunia saat dievakuasi dari Blok Batu Kukus ke Resort Cibodas, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Bidang Pengelolaan Wilayah I Cianjur.

Kronologis kejadian tersebut, pada tanggal 30 April 2015 jam 16.00 seorang pendaki bernama Firman Taufik yang beralamat di Jln. Aria Cikondang Gg. Pangrango Cianjur, melaporkan kepada petugas Resort Cibodas bahwa ada pendaki yang sakit di Blok Batu Kukus I.Berdasarkan laporan tersebut pada jam 16.10 WIB tim evakuasi yang beranggotakan 5 (lima) orang diberangkatkan untuk melakukan pertolongan kepada korban.

Jam 16.40 WIB tim evakuasi bertemu korban di Blok Rawa Denok I, korban masih bisa berjalan dipapah oleh anaknya. Mengingat kondisi korban yang sudah lemah tim evakuasi memutuskan untuk menggotong korban dengan menggunakan tandu agar segera dapat diberikan pertolongan setelah tiba Resort Cibodas. Namun berdasarkan informasi dari tim evakuasi bahwa pada saat korban ditandu suhu badan korban sudah dingin, sehingga diperkirakan korban meninggal pada saat perjalanan dari Batu Kukus ke Cibodas.

Pada jam 18.30 korban sampai di Kantor Resort Cibodas, dan langsung dibawa ke rumah sakit Cimacan untuk divisum. Sementara korban divisum, petugas melaporkan kejadian ke Polsek Pacet. Sekitar pukul 21.00 WIB korban dibawa pihak keluarganya ke Kampung Batujajar Bandung untuk dimakamkan.

Berdasarkan Simaksi No. 004420/11-BT/4/20, diketahui bahwa korban beralamat di Kp. Baru Kapl RT 04 RW 12 Cibeureum Sukabumi yang sehari-harinya bekerja sebagai wirausaha. Korban bermaksud naik ke Gunung Gede sambil berziarah bersama istri dan satu orang anaknya.

Perlu kami ingatkan kembali bahwa kegiatan pendakian berbeda dengan kegiatan wisata pada umumnya, oleh sebab itu kami menghimbau kepada para pendaki agar mempersiapkan diri dengan baik seperti kondisi fisik yang prima, dan perlengkapan pendakian yang lengkap antara lain sepatu, tenda, sleeping bag, jacket, raincoat, makanan yang cukup, obat-obatan dan lain-lain.

kami ingatkan jangan melakukan pendakian secara illegal.

[ teks Agus Mulyana,Β© BBTNGGP |05052015 ]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on