Socials

Image Alt

Blog

Training of Trainers (TOT) Pendidikan Lingkungan Bagi Para Guru Sekolah Dasar di Sekitar Kawasan TNGGP

IMG_9915Untuk mewujudkan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) sebagai pusat pendidikan konservasi berkelas dunia, TNGGP tidak dapat bekerja sendiri, melainkan perlu bermitra dalam menyebarluaskan informasi konservasi kepada masyarakat luas, terutama para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa. Salah satu stakeholders yang terkait langsung dengan para pelajar yaitu peran para pendidik atau guru.

Para pendidik atau guru yang diharapkan sebagai “corong” nya TNGGP perlu dibekali dengan pengetahuan dan wawasan tentang pendidikan konservasi lingkungan, sehingga para guru dapat dengan mudah menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada anak didiknya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan skill para guru dalam bidang pendidikan konservasi lingkungan yaitu melalui kegiatan Training of Trainers (TOT) Pendidikan Lingkungan Bagi Para Guru Sekolah Dasar di sekitar Kawasan TNGGP.

IMG_9924Kegiatan TOT ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Nopember 2015 bertempat di Hotel Sangga Buana dengan mengundang 30 peserta yang berasal dari sekolah dasar di tiga kabupaten sekitar kawasan TNGGP, yaitu Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan TOT tersebut berasal dari Institut Pertanian Bogor yaitu Ibu Resti Meilani, S.Hut. M.Si. sebagai pakar pendidikan konservasi dan yang lainnya berasal dari Universitas Negeri Jakarta yaitu Bapak Dr. Amril Muhammad, SE.M.Pd. sebagai pakar manajemen pendidikan dan pemerhati sekolah alam.

IMG_0082Kedua narasumber menyampaikan bahwa materi pendidikan konservasi lingkungan sangat penting disampaikan pada anak usia dini, namun demikian para guru diharapkan tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban yang baru, karena materi pendidikan konservasi lingkungan dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan formal dengan memanfaatkan potensi lingkungan di sekitar sekolah.

Narasumber juga menyampaikan apresiasi untuk Balai Besar TNGGP yang tidak hanya menjalankan tugasnya untuk menjaga kelestarian kawasan hutan TNGGP tetapi lebih dari itu, TNGGP sangat memperhatikan lingkungan dan sumberdaya manusia yang berada di sekitarnya.

Tidak hanya narasumber, para peserta juga memberikan respon positif terhadap kegiatan tersebut, sehingga pelaksanaan TOT Dikling Bagi Para Guru SD dapat dikatakan sukses. Namun demikian indikator keberhasilan kegiatan TOT yang sesungguhnya, dapat terukur apabila adanya perubahan di sekolah asal peserta baik perubahan dalam pola pembelajaran, pola pikir, kondisi lingkungan, terlebih dari perubahan perilaku para pendidik dan anak didiknya menjadi para pecinta lingkungan.

Semoga para guru dapat menjadi corong-nya TNGGP dalam menyebarluaskan informasi konservasi dan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa bidang pendidikan dan konservasi.

text Ika.R Foto BBTNGGP|19112015|D&G

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on