Socials

Image Alt

Blog

PENGUNJUNG ADALAH RAJA

Wisata 1Udara kawasan pegunungan yang segar, suhu yang sejuk dan pemandangan yang mempesona menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk datang ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Potensi wisata andalan yang terdapat  di taman nasional ini antara lain Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Kandang Batu, Kandang Badak, Puncak dan Kawah Gunung Gede, Alun-alun Suryakencana, Puncak Gunung Pangrango, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB), Air Terjun Cipadaranten, Air Terjun Cikaweni, Air Terjun Cikaracak, Air Terjun Cikahuripan, Air Terjun Cibeureum Selabintana, Air Terjun Sawer dan fasilitas Bumi Perkemahan (camping ground) Bobojong, Barubolang dan Salabintana. Pengunjung diberi kesempatan untuk  melakukan kegiatan wisata seperti pendakian, trekking ke air terjun, kemping, pengamatan burung, penelitian, dan pendidikan konservasi.
TNGGP telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung bagi pengunjung dalam mengeksplorasi kawasan wisata andalan TNGGP, antara lain:

Aksesibilitas
Kawasan wisata TNGGP dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda empat maupun roda dua.
Jarak dari pusat kota Bogor ke lokasi wisata TNGGP di Cibodas  + 40 km dengan jarak tempuh selama 90 menit, sedangkan dari kota Cianjur + 15 km dengan jarak tempuh 30 menit. Hampir keseluruhan tempat wisata di TNGGP dapat diakses menggunakan kendaraan bermotor sampai di batas kawasan, Untuk mencapai spot wisata pilihan, tentu saja terasa kurang rasanya jika pengunjung tidak sedikit melemaskan kaki dengan berjalan kaki.

Fasilitas Pendukung Pariwisata Alam
Selain askses yang cukup mudah, beberapa fasilitas pendukung pariwisata alam telah tersedia antara lain :
1.    Sarana dan prasarana informasi, seperti ; Wisma Cinta Alam (WCA), Information Centre, Education Centre, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB),
2.    Jalur pendakian/trekking
3.    Jalur interpretasi dan tanda-tanda interpretasi (papan cerita, display, sign board, papan petunjuk arah dsb).
4.    Shelter dan Gazebo
5.    Sarana akomodasi (penginapan berupa wisma dan asrama)
6.    Souvenir shop
7.    Toilet
8.    Mushola dan lain-lain

Booking Online
Wisata 2Untuk pengunjung yang gemar melakukan kegiatan pendakian, saat ini dapat menikmati layanan Booking online. Cukup mengakses situs www.gedepangrango.org dan memilih fasilitas Booking online, calon pendaki dapat mengisi form registrasi secara online. Pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai syarat-syarat pendakian dan jadwal pendakian. Fasilitas Booking Online dapat dipergunakan untuk mengakses jalur pendakian di 3 pintu masuk : Cibodas, Gunung Putri di Cianjur, dan Selabintana di Sukabumi.

Interpreter / pemandu
TNGGP menyediakan beberapa Staf/Tenaga Interpreter yang dapat mendampingi pengunjung yang ingin memperoleh informasi lebih detil dan sarat pengetahuan terkait ekosistem dan flora fauna di TNGGP.

Diversifikasi Program / Paket Wisata
Diversifikasi program / paket wisata pun merupakan aspek yang cukup penting dalam pengelolaan pengunjung karena hal ini juga dapat menghindari penumpukan pengunjung pada salah satu obyek wisata.
Program / paket wisata yang ditawarkan di TNGGP sudah cukup banyak, antara lain :
a.    Program kemah konservasi
b.    Program school visit
c.    Eksplorasi elang jawa
d.    Eksplorasi owa jawa
e.    Eksplorasi macan tutul
f.    Jelajah alam
g.    Patroli bersama polhut
h.    Paket wisata budaya
i.    Paket outbond
j.    Dll

Bagi anda yang menyukai tantangan di alam terbuka, atau hanya sekedar menikmati keindahan alam, TNGGP adalah destinasi yang tepat untuk anda. Salam konservasi!!

[Teks & foto: Tintin Retno P|@tnggp|15052016|Tintin]

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on