Socials

Image Alt

Blog

Yang Biasa dari Tegallega

Cianjur, 11 Agustus 2017. Patroli rutin di Resort PTN Tegallega, Seksi Wilayah PTN II Gedeh, Bidang Wilayah PTN I Cianjur dilaksanakan paling sedikit dua kali dalam seminggu.  Tujuannya untuk menjaga kemanan hutan serta untuk memperlihatkan pada masyarakat bahwa hutan selalu dijaga dan diawasi oleh Polisi Kehutanan (Polhut) maupun fungsional lainnya.  Diawal dan/ atau akhir kegiatan patroli biasanya dilakukan penyuluhan atau koordinasi dengan tokoh masyarakat, agar hubungan antara masyarakat dengan petugas menjadi harmonis dan ada kegiatan yang sinergis antar tokoh masyarakat dengan personil Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Patroli dilaksana pada Hari Kamis 10 Agustus 2017, mengambil jalur mulai Blok Tabrik Bawah sampai dengan perbatasan Resort Goalpara.  Pada kegiatan ini tidak ditemukan pelanggaran kehutanan, hanya jejak pengambilan kayu bakar pada beberapa titik. Dilakukan juga pertemuan dengan masyarakat yang berbatasan dengan kawasan hutan, untuk mengingatkan agar tidak mengganggu hutan, bahkan harusnya bisa membantu menjaga keamanan hutan.

Sepanjang jalur patroli ditemukan berbagai jenis satwa, antara lain burung manintin 1 ekor, burung puyuh gonggong 1 ekor, burung elang ular 1 ekor, dan burung tando 1 ekor. Serta terdengar suara owa jawa yang hidup dalam kelompok kecil sebanyak 3 ekor.

Dalam kegiatan patroli juga dilaksanakan pengecekan tanaman restorasi di Blok Tabrik Bawah dan Blok Bedeng Resort PTN Tegallega, Seksi PTN Wilayah II Gedeh, Bidang PTN Wilayah I Cianjur.  Restorasi ini hasil kerjasama antara Balai Besar TNGGP dengan PT. Tirta Investama cq. Plant Cianjur (AQUA), yang ditanam awal tahun 2017.  Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 3.500 pohon dan secara umum hidup dengan baik.  Jenis pohon yang ditanam merupakan jenis asli Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seperti rasamala, puspa, manglid, dan kisireum.

Sebagai fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) tetap bersemangat membantu tugas Polisi Kehutanan dalam menjaga keamanan hutan. Semoga hutan kita tetap aman dan lestari.

Oleh: Agus Deni – PEH Pelaksana Lanjutan Balai Besar TNGGP

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on