Socials

Image Alt

Blog

OPERASI BERSIH GUNUNG GEDE – PANGRANGO BALAI BESAR TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Cibodas, 16 Agustus 2017. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan Kegiatan Operasi Bersih Gunung Tahun 2017 Kerja Bersama 72 Indonesia Merdeka dengan mengusung tema “Kami Siap Kerja Bersama Membersihkan Gunung Gede Pangrango”. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 17 Agustus 2017.
Tujuan dari kegiatan ini, yaitu membersihkan sampah pada jalur pendakian; meningkatkan partisipasi kesadaran pendaki yang berwawasan lingkungan; serta meningkatkan kecintaan pada bangsa dan negara melalui efektivitas masyarakat peduli kepada lingkungan.
Kegiatan Operasi Bersih Gunung ini diikuti sekitar 200 orang serta didukung oleh TNI dan Kepolisian 3 kabupaten (Cianjur, Sukabumi, dan Bogor), Badan SAR Nasional, Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Masyarakat Peduli Api (MPA), Volunteer (Montana, GPO, Panthera, Evergreen, Tepala, PAL, Eagle, Vanaprastha, PKBM Umi Kulsum, Cantigi, dan relawan dari SMKN 1 Sukabumi), Karang Taruna Desa Perbawati dan Desa Karawang Kecamatan Sukabumi, serta masyarakat lainnya di sekitar kawasan TNGGP.
Target operasi bersih yaitu jalur pendakian TNGGP:
a. Jalur Cibodas: Puncak Pangrango, Kandang Badak, Kandang Batu, Air Panas, Panca Weleuh, dan Rawa Denok.
b. Jalur Gunung Putri: Puncak Gede, Alun-alun Timur, Simpang Maleber, Buntut Lutung, dan Informasi Center.
c. Jalur Selabintana: camping ground (lok. 2), Gegeber, Cileutik, dan Alun-alun Barat (arah Sukabumi).
Hari Selasa, 15 Agustus 2017 tim Advance sudah mulai naik dari pintu masuk Cibodas (20 orang), pintu masuk Gunung Putri (20 orang), dan pintu masuk Selabintana (10 orang). Hari kedua, Rabu, 16 Agustus 2017 Acara Ceremonial Pelepasan Tim Operasi Bersih oleh Plt. Kepala Balai TNGGP di pintu masuk Cibodas. Pada sambutannya, beliau memberikan arahan “Agar peserta kegiatan operasi bersih dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjaga kondisi kesehatan tubuh”.
Hari ketiga, Kamis, 17 Agustus 2017 dijadwalkan peserta operasi bersih akan turun dengan membawa sampah dari jalur pendakian menuju pintu Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat positif bagi kelestarian kawasan TNGGP maupun masyarakat luas dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 72.
Sumber: Balai Besar TNGGP

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on