Socials

Image Alt

Blog

Pembentukan dan Pembinaan Saka Wanabakti Pramuka di Bidang PTN Wilayah II Sukabumi Balai Besar TNGGP Tahun 2017

 

Sukabumi, 28 sampai 29 Oktober 2017 bertempat di Resort PTN Selabintana, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Balai Besar TNGGP, melaksanakan pembentukan dan pembinaan Kader Konservasi dari kelompok Saka Wanabakti, dengan peserta 30 orang Pramuka Penegak SMK Negeri 1 Sukabumi.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ir. Syahrial Anuar, M.M. (Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi), dilanjutkan dengan ice breaking (penggembiraan), pengkonsentrasian, mencari pengalaman, dan berbagi pengalaman.  Dalam sambutannya pada acara pembukaan Ir. Syahrial Anuar, M.M. menyampaikan bahwa Pramuka Saka Wanabakti adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif, dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi wadah pendidikan di bidang kehutanan kepada anggota gerakan Pramuka, khususnya Krida Reksawana, agar mereka dapat membantu membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, melaksanakan secara nyata, produktif, dan sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

Agar peserta bisa mengikuti kegiatan dengan semangat, maka dilakukan acara “penggembiraan”, melalui permainan ice creaking yang menggembirakan. Maksudnya agar mereka lupa pada kegiatan-kegiatan rutin dan permasalahan yang ada, sehingga bisa mengikuti pelatihan dengan baik.  Setelah mereka gembira dan lupa dengan rutinitas, mulai diarahkan pada situasi kegiatan, melalui acara “pengkonsentrasian”.  Dengan demikian para peserta bisa lebih siap menerima materi pelatihan. Pada setiap pemberian materi, diakhiri dengan berbagi pengalaman diantara peserta, dan berbagai pengalaman dengan mentor.

Materi pelatihan hanya disajikan dengan metoda permainan (games), dan setiap perserta ikut merasakan atau mengalami serangkaian kegiatan yang menyenangkan untuk setiap materi.  Bila terpaksa harus ada pemberian informasi dilakukan dengan metoda berbagi pengalaman (sharing).  Materi yang diberikan yaitu, pengenalan hutan dan taman nasional, pengenalan dan penggunaan GPS, pengenalan Saka Wanabakti, kesamaptaan dan pembinaan mental, penjejakan malam, dan renungan rimba.

Pada akhir setiap rangkaian game materi untuk menambah panjang kenangan diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman diantara peserta. Selain itu untuk menambah wawasan, dilakukan berbagi pengalaman dengan mentor. Selama mengikuti pelatihan, peserta sangat antusias, hal ini terlihat dari partisipasi aktif para perserta, baik saat mengikuti rangkaian kegiatan (game) pemberian materi, maupun saat berbagi pengalaman.

Menurut ketua panitia pelaksana pelatihan sekaligus sebagai Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), setelah dibentuknya Dewan Saka Wanabakti Kwartir Ranting Sukabumi, diharapkan mereka akan:

  1. Memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap hutan dengan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya, serta kesadaran untuk memelihara dan melestarikannya.
  2. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kehutanan yang dapat mengembangkan pribadinya.
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi segala tantangan hidup dalam hutan dengan tetap memperhatikan keamanan dan kelestarian hidup.
  4. Memiliki disiplin dan tanggungjawab yang lebih mantap untuk memelihara kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
  5. Mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Saka Wanabakti secara positif, berdaya guna dan tepat guna, sesuai dengan bakat dan minatnya sehingga berguna bagi pribadinya, masyarakat bangsa, dan negara.
  6. Mampu menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan, dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang serta anggota lainnya.
  7. Mampu menjadi Kader Konservasi yang berperan aktif dan terus bersinergi dalam membantu pengelolaan Balai Besar TNGGP khususnya di Bidang PTN Wilayah II Sukabumi.

Sebagai tindak lanjut  kedepan akan dilakukan monitoring dan pembinaan rutin minimal satu bulan sekali bagi anggota Pramuka Saka Wanabakti di sekolah SMK Negeri Sukabumi sebagai lokasi Gugus Depan Pramuka Saka Wana Bakti di lingkup Kwartir Ranting Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi.

Lebih lanjut ketua panitia pelaksana berharap, dengan terbentuknya Saka Wanabakti ini dapat menambah kuantitas dan kualitas Kader Konservasi di tingkat sekolah yang dapat membantu mensosialisasikan pengelolaan hutan pada umumnya dan pelestarian kawasan taman nasional khususnya TNGGP.  SALAM PRAMUKA….!!!

Sumber: Bidang PTN Wilayah II Sukabumi – BBTN Gunung Gede Pangrango

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on