Image Alt

Blog

SUMPAH PEMUDA ALA TRAMP DI TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Cibodas, 28/10/2017, bertempat halaman depan kantor di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), telah dilaksanakan Upacara Pendakian TRAMP Bersih Gunung dan Konservasi 2017 memperingati “Sumpah Pemuda” dengan tema “Menuju Zero Plastik 2018 Gede Pangrango”. Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta yang terdiri dari unsur pelajar, organisasi pendaki gunung, marinir, dan masyarakat umum. Kegiatan ini diawali dengan adanya salah satu anggota TRAMP tahun 1977 yang kecelakaan saat mendaki di Puncak Gunung Pangrango, maka untuk mengenang hal tersebut TRAMP mencanangkan Program Pendakian Sumpah Pemuda Bersih Gunung dan Konservasi hingga saat ini dan melibatkan peserta dari luar dalam pelaksanaannya. Operasi bersih gunung ini dilakukan selama dua hari yaitu tanggal 28 s/d 29 Oktober 2017 dan terbagi menjadi 30 regu, dengan route pembersihan start jalur Cibodas dan finish Alun – Alun Mandalawangi Gunung Pangrango.

“TRAMP setiap tahun mengadakan Pendakian Sumpah Pemuda bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ikut menjaga kebersihan gunung tersebut. Dalam kesempatan ini TRAMP ikut mensosialisasikan Program Zero Plastik 2018 Gunung Gede Pangrango. Kegiatan Sumpah Pemuda ini sebagi soft launching dari program tersebut, diharapkan para peserta akan ikut mensosialisasikan kepada komunitas-komunitas mereka nanti”, pungkas Samsuri Syafei selaku wakil ketua pelaksanaan kegiatan Pendakian Sumpah Pemuda Bersih Gunung dan Konservasi.

Upacara kegiatan ini dibuka oleh Kepala Resort PTN Cibodas (Nurkholis) beserta jajaran staf Resort PTN Cibodas mewakili Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dalam sambutannya, Kepala Resort PTN Cibodas (Nurkholis), berpesan agar setiap peserta Bersih Gunung dan Konservasi 2017 ini dapat menjaga kesehatan dan keselamatan serta berharap sampah plastik di Gunung Gede – Pangrango dapat bersih setelah kegiatan ini selesai.

Hari Kedua, Minggu 29 Oktober 2017 seluruh regu turun dari Gunung Pangrango menuju pintu masuk pendakian Resort PTN Cibodas dan sampah yang berhasil diturunkan sebanyak 819 Kg. Seperti kita ketahui Gunung Gede – Pangrango ini adalah gunung yang favorit bagi para pendaki sekitar Jabodetabek dan Bandung sehingga jumlah sampah yang ada cukup memprihatinkan. Semoga dengan atau setelahnya kegiatan ini dapat menjadikan para pendaki gunung khususnya para pendaki Gunung Gede Pangrango memiliki kesadaran yang lebih mengenai bahaya membuang sampah plastik, karena waktu terurainya sampah plastik memiliki waktu yang lama yaitu 100 tahun.

“Bersih Alamku, Bersih Jiwa dan Ragaku”

Sumber: Randi – Staf Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on