Socials

Image Alt

Blog

KIPRAH KANG UDEN YANG EDUN

Kader Konservasi Alam (KKA), adalah seseorang atau sekelompok orang yang telah dididik atau ditetapkan oleh instansi pemerintah atau lembaga non pemerintah yang secara sukarela berperan sebagai penerus upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, bersedia serta mampu menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahun memberikan penghargaan kepada Kader Konservasi Alam (KKA) melalui Lomba Wana Lestari. Salah satu KKA binaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Uden Suherlan merupakan salah satu KKA yang diusulkan untuk mendapat penghargaan tersebut pada tahun 2019 ini

Uden Suherlan, biasa kami panggil dengan Kang Uden adalah warga asli Cianjur yang tinggal di desa penyangga TNGGP, yaitu Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Tempat tinggal yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan, membuat Kang Uden sangat dekat dengan hutan sejak kecil.

Sebelum tahun 1997 ketergantungan masyarakat di Desa Gekbrong terhadap hutan sangat tinggi, saat itu masyarakat membuka lahan hutan milik Perum Perhutani, dan masyarakat masih melakukan penebangan pohon/ pencurian kayu. Musibah banjir yang terjadi di Desa Gekbrong tahun 1997 membuat Kang Uden tergerak untuk lebih peduli terhadap keberadaan hutan di wilayahnya. Pada tahun 1998 Kang Uden tergabung menjadi Pamswakarsa untuk ikut serta bersama petugas TNGGP dalam menjaga kelestarian kawasan TNGGP. Sejak tahun 1998 Kang Uden aktif melakukan kegiatan-kegiatan konservasi seperti patroli bersama petugas TNGGP, membuat persemaian tanaman endemik, dan menanam pohon.

Setelah pengukuhan sebagai anggota KKA TNGGP pada tahun 2003, aktifitas Kang Uden dalam kegiatan konservasi semakin meningkat. Peralihan kawasan hutan milik Perum Perhutani menjadi kawasan konservasi TNGGP menjadi tantangan Kang Uden bersama petugas TNGGP dalam mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap lahan eks. Perum Perhutani. Dengan niat ikhlas dan tulus, Kang Uden terus berjuang melebarkan sayap mengajak masyarakat sekitar dan bermitra dengan pihak-pihak terkait untuk peduli dan berperan aktif terhadap kelestarian kawasan hutan. Akhirnya pada tahun 2007 sudah tidak ada lagi masyarakat yang beraktifitas di kawasan TNGGP eks. Perum Perhutani.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Kang Uden sebagai KKA TNGGP hingga saat ini yaitu, penanaman pohon, penyuluhan/ pemberian informasi terkait 3P (Pelindungan, Pengawetan, dan Pemanfaatan) kawasan TNGGP, pembuatan sumur resapan, mengikuti seminar/ pelatihan terkait konservasi, menginisiasi pemberdayaan masyarakat dalam budidaya paprika serta pertanian ramah lingkungan, dan kegiatan lainnya terkait konservasi dan kelestarian lingkungan.

Sehubungan dengan kiprahnya pada upaya konservasi yang cukup tinggi, maka pada Bulan Mei 2019, Kepala Balai Besar TNGGP, mengusulkan sebagai peserta Lomba Wana lestari tahun 2019 kategori KKA ke Dinas Provinsi Jabar melalui Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Jabar. Kang Uden terpilih sebagai pemenang terbaik pertama Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Jawa Barat Kategori KKA. Dengan kemenangannya ini, Dinas Kehutanan Propinsi mengusulkan Kang Uden untuk ikut lomba tingkat Nasional. Kang Uden terpilih menjadi nominasi 5 (lima) terbesar KKA Tingkat Nasional.

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 (17 Agustus 2019), Kang Uden mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Kader Konservasi Alam terbaik pertama Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Kang Uden memang edun euy”…selamat untuk Kang Uden semoga Kang Uden menjadi juara Lomba Wana Lestari tahun 2019 dan kiprah Kang Uden menjadi KKA dapat tersalurkan ke masyarakat Desa Gekbrong lainnya, sehingga terlahir Kang Uden baru lainnya demi kelestarian kawasan TNGGP dan masyarakat sekitar kawasan hutan lebih sejahtera.

Teks: Febriyani, S.Hut.

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on