Image Alt

Blog

TNGGP Lestari Bersama KTH Kuta Lestari

Selasa, 3 Desember 2019, tim gabungan yang terdiri dari Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Lingkup BW II Sukabumi, Petugas Resort PTN Nagrak, Conservation International Indonesia (CII), dan anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Kuta Lestari yang merupakan mitra TNGGP yang peduli terhadap pengelolaan konservasi melakukan kegiatan monitoring satwa liar dengan menggunakan camera trap, di Blok Balsa yang termasuk dalam zona tradisional Resort PTN Nagrak.

Kegiatan monitoring satwa liar untuk mengetahui kehadiran satwa liar di zona tradisional lokasi pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) KTH Kuta Lestari yang didominasi tegakan Damar (Agathis dammara). Kegiatan ini merupakan pemenuhan komitmen yang tercantum dalam RKT KTH Kuta Lestari. Hadirnya satwa liar di lokasi tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan pembinaan habitat. Jumlah camera trap yang dipasang sebanyak 3 (tiga) buah dan tersebar di lokasi tersebut. Pemasangan akan dilakukan selama satu bulan ke depan, dan petugas akan kembali mengecek hasil rekam dari camera trap tersebut bulan Januari 2020.

Sebelumnya Tim CII didampingi petugas Resort PTN Nagrak juga telah memasang camera trap untuk memonitoring keberadaan satwa liar di lokasi yang sama. Hasil yang diperoleh cukup memuaskan, karena tidak hanya satwa liar kecil yang tertangkap kamera, tetapi macan tutul jawa (Panthera pardus melas) juga terlihat eksis menunjukkan keberadaannya di lokasi tersebut. Dengan kemunculan berbagai macam satwa liar ke lokasi adopsi pohon menunjukkan bahwa pembinaan habitat di lokasi tersebut cukup berhasil karena satwa liar tersebut sudah menganggap lokasi tersebut sebagai β€œrumah” sehingga tidak segan untuk datang dan kembali tinggal di hutan baru tersebut.

Dengan menggandeng KTH Kuta Lestari, petugas Resort PTN Nagrak ingin melibatkan masyarakat secara langsung untuk menjaga serta melestarikan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). KTH Kuta Lestari merupakan salah satu KTH Kemitraan Konservasi Pemberian Akses Pemungutan Hasil Hutan Bukan Kayu berupa Getah Damar di Zona Tradisional pada Resort PTN Nagrak sehingga memiliki kewajiban untuk melakukan perlindungan dan pengamanan hutan serta melakukan pembinaan habitat.

Teks: Andriyatno Sofiyudin, S.Hut dan Arie Yanuar, S.Hut.
Dokumentasi : PEH Bidang PTN Wilayah II Sukabumi
Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on