Socials

Image Alt

Blog

5 Prinsip Kelola Kawasan Ala TNGGP

Organisasi merupakan sarana kegiatan orang-orang dalam usaha mencapai tujuan. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) merupakan organisasi (Unit Pelaksana Teknis/ UPT) mempunyai visi dan misi. Dalam mencapai visi dan misi tersebut, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM adalah aset atau unsur yang paling penting diantara unsur-unsur organisasi lainnya. Sumber Daya Manusia penting dikarenakan mempengaruhi efesiensi dan efektivitas organisasi, dan SDM merupakan unsur pokok organisasi dalam menjalankan tugasnya. SDM dalam kaitan dengan hal ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga termasuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yaitu sebagai penggerak roda mekanisme dalam organisasi pemerintahan.

Pentingnya peranan SDM dalam suatu organisasi, BBTNGGP rutin melaksanakan pembinaan pegawai baik di tingkat Balai, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah, Seksi PTN Wilayah, bahkan sampai tingkat tapak (Resort PTN Wilayah). Selasa (02/02/20), BBTNGGP mengadakan pembinaan pegawai di Bidang PTN Wilayah III Bogor.

Sambutan acara disampaikan oleh Kepala Bidang PTN Wilayah III Bogor, Dadang Suryana. Dalam sambutannya, menyampaikan tentang kondisi ketatausahaan termasuk di dalamnya kondisi SDM dan rencana aksi pengelolaan kawasan lingkup Bidang PTN Wilayah III Bogor.

Pembinaan pegawai langsung dipimpin oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto. Dalam pembinaan ini, memberikan arahan kepada seluruh pegawai perihal 5 (lima) prinsip pengelolaan kawasan, yaitu:

  1. Mengetahui potensi wilayah kerja ;
  2. Mengetahui tren kondisi (data time series);
  3. Mengetahui intervensi program yang akan dilakukan (program berbasis scientific/ berbasis data);
  4. Mengetahui tipologi masyarakat sekitar wilayah kerja, dan
  5. Meningkatkan nilai kemanfaatan kawasan untuk masyarakat, pemerintah daerah, dan negara.

Wahju Rudianto pada setiap kesempatan pertemuan selalu menyampaikan arahan dari Direktur Jenderal KSDAE tentang 10 cara kelola kawasan konservasi sebagai pengingat kepada seluruh pegawai TNGGP. Sepuluh cara baru kelola kawasan konservasi tersebut, yaitu:

  1. Masyarakat sebagai subyek;
  2. Penghormatan pada HAM;
  3. Kerjasama lintas Eselon I;
  4. Kerjasama lintas kementerian;
  5. Penghormatan nilai budaya dan adat;
  6. Kepemimpinan multilevel;
  7. Pengambilan keputusan berbasis sains;
  8. Pengelolaan berbasis resort;
  9. Penghargaan dan pendampingan;
  10. Organisasi pembelajaran.

Acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan seluruh pegawai lingkup Bidang PTN Wilayah III Bogor. Kepala Seksi PTN Wilayah V Bodogol, Amru Ikhwansyah dan Kepala Seksi PTN Wilayah VI Tapos, Bambang Mulyawan pada kesempatan diskusi menyampaikan kondisi kawasan (potensi, permasalahan, peluang, dan ancaman) serta progres pengelolaan kawasan pada masing-masing wilayah kerjanya.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan peresmian musholla yang merupakan realisasi dari pelaksanaan RPP dan RKT perjanjian kerjasama antara BBTNGGP dengan PT MNC Land Lido yang diberi nama “Wahyu Illahi”. Selain musholla pihak PT MNC Land Lido juga membuat toilet, bangku, dan meja kayu untuk menambah fasilitas di lokasi wisata Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB), serta memberikan bantuan peningkatan akses masuk menuju PPKAB berupa pengerasan jalan dengan menggunakan batu pada titik-titik rawan. Wujud realisasi RPP dan RKT Perjanjian Kerja Sama dalam bentuk barang selanjutkan akan didaftarkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) melalui mekanisme hibah.

Kita berharap dengan adanya acara rutin pembinaan pegawai dan dukungan dari mitra dapat meningkatkan kualitas kinerja seluruh pegawai BBTNGGP dalam mencapai visi dan misi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Teks: Poppy Oktadiyani
Dokumentasi: Yoga Adhitya Pratama

#KementerianLHK
#menlhk
#klhk
#ksdae
#ksdaehebat
#bbtnggp
#tnggp
#gedepangrango
#cibodasbiospherereserve
#biospherereserve
#ayoketamannasional
#roadtohkan2021
#hkan2021
#harikonservasialamnasional2021
#konservasialam

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on