Socials

Image Alt

Blog

Menjaga Hutan Bersama Masyarakat Parabon

Jumat (20/08/2021) Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di Blok Parabon sekitar makam. Giat menanam bersama masyarakat terus digalakkan untuk menghijaukan dan melestarikan hutan TNGGP terlebih di batas kawasan yang berbatasan langsung dengan lahan masyarakat.

Bibit yang ditanam kali ini berjumlah 150 batang, dari jenis Rasamala dan Ki Haji. Selain untuk menghijaukan hutan kembali, penanaman ini sekaligus untuk menandai batas zona khusus Parabon serta tanda batas luar kawasan.

Hadir pada giat penanaman tersebut Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Cianjur, Diah QK, bersama Kepala Seksi PTN Wilayah 1 Cibodas, Darwin, beserta jajaran. Sedangkan perwakilan masyarakat yang hadir adalah Ketua Forum RT Parabon dan jajaran. Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur menyampaikan kepada masyarakat bahwa makam Parabon berada di zona khusus TNGGP dimana di sekitarnya adalah hotel dan pemukiman masyarakat. Oleh karena itu Diah meminta masyarakat secara aktif turut serta menjaga kelestarian kawasan ini dengan cara yang sesuai peraturan yang berlaku. Masyarakat diwakili ketua forum RT Parabon, Rudi LS sangat antusias menyambut upaya ini dan berjanji akan memelihara pohon yang ditanam tersebut dan mematuhi aturan sesuai peraturan.

Masyarakat yang hidup sekitar hutan bisa menjadi penjaga efektif hutan dari kerusakan. Untuk itu, mereka mesti dilibatkan dalam menjaga hutan dengan diberi tanggung jawab memelihara, sekaligus menikmati hutan. Kehadiran petugas taman nasional sangat diperlukan dalam rangka penyadaran kepada masyarakat akan arti penting kawasan TNGGP, juga untuk mendampingi masyarakat agar keikutsertaan mereka dalam menjaga hutan berjalan efektif dan tidak menyimpang dari peraturan yang berlaku.

Dokumentasi : Bidang PTN Wilayah I Cianjur
Teks : Irma Indriani

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on