Image Alt

Blog

BBTNGGP, TNI, POLRI PATROLI BERSAMA DI PENGHUJUNG 2021

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mempunyai peranan yang penting dalam penyediaan air permukaan maupun air bawah tanah. Kawasan TNGGP yang tertutup hutan seluas 24.278,84 ha ini terdapat kurang lebih 50 sungai dan anak sungai. Sungai-sungai tersebut merupakan sumber air yang mampu mengaliri air bersih ke rumah-rumah di sekitar kawasan TNGGP yang dihuni hampir setengah juta orang. Β 

Saat ini ketersediaan air di kawasan TNGGP masih bisa dikategorikan melimpah, masyarakat sekitar kawasan khususnya sangat bergantung pada keberadaan air dari dalam kawasan TNGGP. Tentu kedepannya pemanfaatan air tersebut harus diimbangi dengan upaya-upaya konservasi sehingga keberadaan sumber air terjaga dengan baik dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih optimal. Pengaturan pemanfaatan dan pemeliharaan air ini melibatkan berbagai pihak, salah satunya yaitu Perusahaan Air Minum (Perumda) Air Minum Tirta Bumi Wibawa (TBW) Kota Sukabumi.

Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi merupakan salah satu mitra BBTNGGP yang memiliki komitmen dalam menjaga kelestarian sumber air selama 2 (dua) tahun terakhir. Terdapat beberapa titik mata air di kawasan Resort PTN Selabintana, untuk menyuplai air bagi masyarakat di kota maupun Kabupaten Sukabumi. Berbagai upaya dilakukan BBTNGGP dan Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi dalam menjaga kualitas dan kuantitas debit sumber air tersebut.

Setelah melakukan penanaman di daerah tangkapan air (catchment area) pada tanggal 23 Desember 2021 lalu, hari ini pada Rabu 29 Desember 2021, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi – BBTNGGP bersama Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi melakukan patroli gabungan pengamanan kawasan di Resort PTN Selabintana. Kegiatan ini masih dalam rangkaian pelaksanaan Rencana Karya Tahun (RKT) 2021.

Selain dari pihak BBTNGGP dan petugas Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi, kegiatan patroli ini juga melibatkan unsur TNI dan POLRI. Pelaksanaan patroli pengamanan kawasan dimulai dari Blok Baru Benteng hingga Blok Cadas Pamikul, Resort PTN Selabintana. Selama patroli, tim tidak menemukan adanya gangguan kawasan yang membahayakan. Selain patroli pengamanan kawasan, kegiatan kali ini juga sekaligus dilaksanakan dalam rangka pengambilan sampel air di empat titik sungai yang terdapat di Resort PTN Selabintana, yaitu di Sungai Cipelang, Sungai Citinggar, Sungai Cipada, dan Sungai Cilebaksiuh.

Berdasarkan Keputusan Dirjen KSDAE Nomor SK. 204/KSDAE/SET/KSA.3/5/2018 tanggal 14 Mei 2018 Tentang Areal Pemanfaatan Air dan Energi Air, untuk lingkup Bidang PTN Wilayah II Sukabumi terdapat 25 Sungai yang masuk kedalam daftar Pada keputusan tersebut termasuk di dalamnya empat sungai yang pada kegiatan kali ini dilakukan pengambilan sampelnya. Pengambilan sampel air ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sumber air yang ada di kawasan TNGGP khususnya di Resort PTN Selabintana. Sampel air yang diambil selanjutnya akan dilakukan pengujian di laboratorium Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi. Hasil uji kualitas sampel air kedepannya akan sangat berguna bagi pengelolaan kawasan, diantaranya untuk mengetahui kualitas sumber air yang dipengaruhi oleh kondisi tutupan lahan suatu kawasan. Kualitas air menjadi salah satu bioindikator apakah ekosistem di dalam kawasan masih terjaga dengan baik atau sudah rusak.

Potensi sumber air yang melimpah dari dalam kawasan TNGGP sudah seharusnya dijaga oleh segenap masyarakat khususnya yang berada di sekitar TNGGP agar keberadaanya tetap lestari. Karena, keberadaan sumber air termasuk kualitas dan kuantitasnya masih sangat tergantung pada kondisi ekosistem di dalam kawasan TNGGP. Jika ekosistemnya rusak, maka bukanlah suatu hal yang mustahil apabila nantinya sumber air tersebut akan terus menurun bahkan menghilang. Air adalah sumber kehidupan, oleh karena itu marilah kita bersinergi bersama untuk menjaga keberlangsungan mata air bagi generasi mendatang.

Teks : Febriyani, S.Hut dan Yanie N. Dewi, S.Hut
Dok : Tim Publikasi Bidang PTN Wilayah II Sukabumi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on