Image Alt

Blog

BBTNGGP BERSAMA TSI, PT. SMELTING, DAN FILANTRA BERKOLABORASI MELAKUKAN SOSIALISASI PROGRAM PENDIDIKAN KONSERVASI ELANG JAWA

Sukabumi, Jumat (27/05/2022) Sosialisasi Program Pendidikan Konservasi Elang Jawa di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa Cimungkad ini terlaksana atas kerja sama TSI, PT. Smelting, Filantra, dan BBTNGGP yang bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya kegiatan konservasi elang jawa dan habitatnya kepada generasi muda, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan peduli terhadap pelestarian elang jawa secara berkelanjutan.

Acara sesi pagi yaitu pengenalan elang jawa yang dibuka langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE, Suharyono, S.H., M.Si., M.Hum. Peserta sosialisasi terdiri dari 5 (lima) sekolah dasar di sekitar kawasan Resort PTN Cimungkad, BBTNGGP. Sosialisasi ini dikemas dengan sangat menarik, melalui permainan seputar pengetahuan tentang elang jawa dan sejarahnya. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok, dimana kelompok dengan jawaban benar terbanyak mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

Sosialisasi ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Balai Besar KSDA Jawa Barat, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Komandan Puslatpurmar-6 Antralina, Camat Kadudampit, Kepala Desa Cikahuripan, Kepala Desa Muaradua, Bapak Herry Subagiadi, Direktur PT. Bumi Paseban Alami, Pokdarwis Kec. Kadudampit, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, Ketua Volunteer Panthera, dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Nikreuh, serta beberapa undangan lainnya.

Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja, S.H., mengawali acara sesi siang dengan memberikan sambutan terkait pengetahuan umum tentang elang jawa, serta tujuan diadakan kegiatan sosialisasi. Dilanjutkan sambutan dari Direktur Taman Safari Indonesia (TSI), Sambutan Direktur PT. Smelting, dan Sambutan Bupati Sukabumi yang diwakili oleh Sekda Sukabumi. Acara menjadi semakin menarik saat masuk pada pengenalan Duta Elang Jawa yang dipandu oleh panitia dari TSI.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi yaitu Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumber Daya Genetik, Drh. Indra Exploitasia, M.Si. yang mewakili Plt. Direktur Jenderal KSDAE untuk melakukan Pembukaan Tirai Prasasti secara simbolis.

Sosialisasi Program Pendidikan Konservasi Elang Jawa ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan, pemahaman untuk meningkatkan kesadaran, dan kepedulian semua pihak akan pentingnya melestarikan satwa agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.


Teks : Sisca Widiya Afiyanti – Penyuluh Kehutanan
Dok : Tim Publikasi – BBTNGGP


Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on