Socials

Image Alt

Blog

Kolaborasi Pengembangan Daerah Penyangga

Jumat (15/7/22) Kelompok Tani Hutan (KTH) Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari bersama BBTNGGP dan BLU Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan melakukan penyerahan bibit pohon dan penanaman secara simbolis di sekitar Camping Ground Cigombong, Kampung Pasir Cina, Desa Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

Kegiatan penanaman ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Badan Pengelolaan Dana LH, Kemenkeu terhadap lingkungan di daerah penyangga TNGGP yang diwakili KTH Gerbi Lestari (Desa Cimacan) dan KTH Ancaraya (Desa Cipendawa) dan sekaligus menggali informasi terkait program pemberdayaan masyaraka di daerah penyangga kawasan konservasi.

Penanaman kali ini dihadiri oleh Tim BPDLH, yaitu Direktur Keuangan, Umum dan Sistem Informasi, Anne Serfiana, dan Direktur Penyaluran Dana, Nining Ngundi Purnamaningtyas, serta perwakilan dari BPDASHL Citarum-Ciliwung, Bagus dan BBTNGGP, yaitu Kepala Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Kepala Resort PTN Gunung Putri, Penyuluh Kehutanan, dan petugas Resort PTN Gunung Putri.

Bibit yang diberikan sebanyak 519 bibit yaitu jenis nangka 19 bibit, alpukat 300 bibit, jati 100 bibit, dan sengon 100 bibit yang dibagikan kepada KTH Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari. Bibit tersebut ditanam di daerah penyangga TNGGP yang berbatasan dengan zona pemanfaatan (Camping Ground Lembah Cigombong), Blok Pasir Cina, Resort PTN Gunung Putri. Bibit selebihnya akan didistribusikan kepada anggota KTH Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari serta masyarakat sekitar untuk ditanam di lahan milik masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan penanaman ini menjadi langkah awal untuk menjalin hubungan yang bersinergi, antara KTH, BBTNGGP, BPDASHL Citarum-Ciliwung, dan BPDLH.

Teks dan Dok : Penyuluh Kehutanan – BBTNGGP

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on