Socials

Image Alt

Blog

sat set 100 hari pertama SAP

Senin (15/08/2022). Kunjungan lapangan pasca serah terima jabatan Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo mengawali kunjungan kerja ke resort terdekat dengan kantor Balai Cibodas, yaitu ke Resort Mandalawangi @resort_mandalawangi_official.

Kunjungan didampingi Kepala Seksi I Cibodas, Kepala Resort Mandalawangi beserta tim Resort Mandalawangi. Selama perjalanan banyak diskusi perihal pengelolaan wisata Mandalawangi (potensi wisata & SDM resort, daya dukung kawasan, pelayanan, pengelolaan pengunjung, sarana prasarana, pemegang PB PJSWA & PB PJWA di Resort Mandalawangi, mitra/ volunteer dan kendala/ permasalahan).

Perjalanan dari mulai gerbang masuk, area camping ground, susur Danau Mandalawangi, lokasi PB PJSWA P.T. Cibodas Puncak Nirwana, rumah Korea, sampai ke Curug Rawa Gede.

Di area camping ground bibir sungai (riverside camp) bertemu dengan “Kang Ipey” volunteer yang membantu Resort Mandalawangi mengelola salah satu blok perkemahan (Blok Lembah Mandalawangi). Salah satu program pendidikan lingkungan yang sedang dikembangkan oleh Tim Resort Mandalawangi dan Kang Ipey adalah dengan membuat program bertajuk Sustainable Charity dimana skema santunan utk anak-anak yatim (Yayasan anak yatim di sekitar Kecamatan Cipanas) diberikan dalam bentuk pendidikan konservasi lingkungan. Anak-anak yatim diajak utk berkunjung ke Mandalawangi supaya dapat lebih mengenal dan belajar tentang manfaat keberadaan hutan, pemahaman yang ditanamkan sejak dini, diharapkan dapat terus berkelanjutan (sustainable) sampai mereka beranjak dewasa kelak. Harapan lainnya adalah semoga anak-anak yatim tersebut menjadi agent of change terhadap pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan manusia.

Beberapa arahan langsung dari Kepala Balai Besar TNGGP terkait pengelolaan wisata di Mandalawangi yaitu:

  1. Pemasangan sign board (berisi informasi himbauan terkait sampah serta informasi penunjuk arah);
  2. Terkait peningkatan sarana pengelolaan sampah dapat menjalin komunikasi resmi melalui surat dengan PSLB3. Harapannya PSLB3 dapat membantu untuk memberikan bantuan sarana prasarana terkait pengelolaan sampah di Mandalawangi;
  3. Terkait pengelolaan kunjungan wisatawan, diharapkan dilakukan kajian tentang Carrying Capacity;
  4. Terkait promosi wisata, diharapkan dapat lebih kreatif dalam membuat konten terkait wisata yang disebarluaskan melalui media sosial (website, instagram, youtube, dan lain-lain).

Kita tunggu lagi ya Sobat GePang untuk kunjungan kerja Kepala Balai Besar ke resort lainnya….


Teks: Poppy Oktadiyani, S.Hut., M.Si. & Yandi Wijaksana, S.Hut.
Dok: Rey Shamudra

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on