Socials

Image Alt

Blog

SINERGITAS RIMBA-LAUT MENJAGA HUTAN UNTUK INDONESIA

Jampang Tengah, Sukabumi. Pada hari Rabu dan Kamis, 24-25 Agustus 2022, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Menembak di Pusat Latihan Pertempuran Marinir-6 Antralina. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melatih kedisiplinan personil serta untuk mengasah keahlian dan keterampilan dalam menembak terutama bagi personil Polisi Kehutanan. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 65 orang yang terdiri dari unsur Struktural, Fungsional POLHUT, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Penyuluh Kehutanan, Kepala Resort dan Pengelola BMN.


Kegiatan “Pelatihan Menembak” yang dibuka oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si, ini dihadiri oleh Komandan Puslatpur Mar-6 Antralina Letkol Marinir Ombun Tarera S., M.Si (Han) beserta jajaran perwira, anggota Marinir, Pejabat Eselon III dan IV lingkup BBTNGGP serta peserta kegiatan pelatihan menembak.


Pada sambutannya, Kepala Balai Besar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komandan Puslatpur Mar 6 Antralina dan jajarannya yang telah bersedia menerima personil dari BBTNGGP untuk belajar mengenai kedisiplinan dilingkungan kemiliteran, salah satunya melalui kegiatan pelatihan menembak. Kepala Balai Besar TNGGP menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari rangkaian kegiatan yang sudah terjalin sebelumnya antara BBTNGGP dengan Puslatpur Marinir 6 Antralina, sehingga kedepannya diharapkan akan dibuat suatu mekanisme kerjasama antara kedua belah pihak.
Hal senada juga diungkapkan oleh Komandan Puslatpur Mar-6 Antralina menyatakan kesiapan dalam mendukung kegiatan pelatihan menembak ini dan berharap kedepannya akan terus terjalin kegiatan berkesinambungan serta hubungan kerjasama yang lebih erat lagi. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan permohonan bantuan bibit pohon untuk ditanam dilokasi Puslatpur Mar Antralina yang kondisi tanahnya kering dan berbatu kapur.
Acara selanjutnya, peserta diarahkan menuju lapangan menembak. Kegiatan menembak terdiri dari 2 bagian yaitu menembak pistol dan laras panjang. Di lokasi lapangan tembak, peserta diberikan pengarahan dan materi oleh para pelatih terkait teknik penggunaan senjata yang dipakai dalam kegiatan latihan menembak. Jenis pistol yang dipergunakan adalah CZ 83 (Ceko), G2 (Pindad), P5 (Pindad), P2 (Pindad) dan FN (Belgia), sedangkan untuk jenis senjata laras panjang menggunakan Senapan Serbu (SS2- Pindad).


Setelah pemberian materi dirasa cukup, peserta mulai melaksanakan kegiatan menembak, masing-masing peserta diberikan kesempatan 2 kali penembakan percobaan sebanyak 3 peluru dengan posisi tiarap. Setelah dilakukan pengecekan dan evaluasi dari hasil penembakan percobaan tersebut, untuk penilaian/skoring peserta diberikan kembali kesempatan menembak sebanyak 20 peluru. Seluruh peserta terlihat antusias dan semangat mengikuti setiap kegiatan latihan menembak ini.


Untuk lebih memacu semangat para peserta, pada kesempatan ini juga diadakan lomba menembak sasaran dengan melibatkan perwakilan dari Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Bidang PTN Wilayah III Bogor dan Kantor Balai Besar. Peserta yang terpilih untuk mewakili masing-masing wilayah adalah peserta dengan nilai/skor tembak terbaik. Dari hasil perlombaan tersebut, juara 1 dimenangkan oleh Bidang PTN Wilayah I Cianjur dan berhasil merebut piala bergilir “Rudianto Cup” yang selama 2 tahun terakhir dimenangkan oleh Bidang PTN Wilayah II Sukabumi.
Akhir kegiatan, Kepala Balai Besar berpesan dan berharap kegiatan pelatihan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kedisiplinan serta pembentukan karakter seluruh peserta sehingga dalam menjalankan tugas sehari-hari bisa lebih optimal. Tak lupa, beliau menyampaikan agar kerja sama dengan Puslatpur-6 Marinir terus berlanjut dikemudian hari untuk menjaga sinergitas yang selama ini sudah terjalin baik.

Teks : Agus Deni, S.Si. & Yanie Nurviyanty D, S.Hut.
Foto : Randi & Gavin

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on