Image Alt

Blog

DIKOLING di Lebak Ciherang, Libatkan Polhut, PEH, dan Penyuluh

Bogor, 8 September 2022. Berawal dari kunjungan guru SDN 2 Pancawati ke kantor Resort PTN Tapos, Bogor yang menyampaikan keinginan membawa anak didiknya belajar di Lebak Ciherang, atau yang lebih dikenal sebagai LBC. Petugas TNGGP kemudian mengemasnya dalam program yang biasa disebut sebagai DIKOLING, Pendidikan Konservasi dan Lingkungan Hidup.  Melalui Dikoling ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman dini kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Pada akhirnya, diharapkan anak-anak menjadi lebih sadar dan peka dalam menjaga alam di sekitar rumah maupun sekolahnya.

Tercatat 120 peserta Dikoling yang dibagi dalam tiga kelompok, dengan pendampingan sepuluh orang guru dan pembina Pramuka. Antusias dan semangat anak-anak terlihat bahkan sejak mereka memasuki area LBC. Ya, belajar di alam menjadi hal baru dan menarik buat mereka.

Aura ceria dan antusias tetap terlihat ketika penyampaian materi dan tanya jawab. Materi yang disampaikan oleh kak Puji Gantina (Polhut), kak Woro Hindrayani (PEH), dan kak Ratih Mayang Sari (Penyuluh Kehutanan) diantaranya pengenalan jenis hutan, pengenalan TNGGP, dan pentingnya menjaga alam. 

Dikoling yang dilaksanakan di alam seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan lingkungan hidup, sehingga dapat membantu menekan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan akibat aktivitas manusia serta menjaga keseimbangan lingkungan sebagai tempat hidup manusia, satwa, dan tumbuhan.

Teks    : Puji Gantina, A.Md.

Foto     : Ence Maman

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on