Image Alt

Blog

Fasilitator METT Kunjungi Cibodas

Rabu, 14 September 2022 sebanyak 30 orang peserta ToT bagi Fasilitator untuk Penilaian Efektivitas Kawasan Konservasi atau METT (Management Effectiveness Tracking Tool) meninjau pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, sebagai salah satu kawasan konservasi di Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi bersama Mitra ini, membawa peserta yang merupakan pengelola kawasan konservasi di Indonesia.

Sambutan dan paparan terkait pengelolaan TNGGP disampaikan oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi, Buana Darmansyah yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Kunjungan langsung ke lapangan dilakukan di Resort Cibodas, dengan beberapa materi yang disampaikan serta dipelajari dan didiskusikan bersama diantaranya pengelolaan pendakian melalui booking online, kerja sama dengan volunteer Montana dan Koperasi, perlindungan pengamanan, hingga kunjungan ke Curug Ciwalen dengan melewati Canopy Trail Ciwalen.

Sebelum beranjak kembali ke lokasi ToT, peserta diminta menyampaikan kesan serta pembelajaran yang diperoleh disini. Peserta kemudian diberikan pertanyaan dan door prize dengan hadiah berupa tumbler dan kaos TNGGP.

Semoga kunjungan kali ini memberikan kesan mendalam dan keinginan berkunjung kembali ke TNGGP.


Salam lestari.

Teks: Aganto Seno
Dokumentasi: Tim Publikasi BBTNGGP

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on