Socials

Image Alt

Blog

9 Pendaki Illegal Ternyata Turun di Cibodas

Berawal dari laporan orang tua pada hari Rabu, 25 Januari 2023 siang tadi bahwa putrinya bersama tiga rekan perempuannya mendaki Gunung Gede pada hari Senin pagi, 23 Januari 2023 dan seharusnya sudah turun pada Selasa sore, 24 Januari 2023. Personil Resort Gunung Putri bersama TNI kemudian mengkonfirmasi terdapat kendaraan Suzuki Ertiga abu-abu yang diparkir pada salah satu basecamp di Gunung Putri. Pengelola basecamp menginformasikan bahwa bukan hanya 4 orang perempuan, namun 5 orang perempuan dan 4 orang laki-laki yang menitipkan kendaraan tersebut.

Upaya evakuasi ke puncak Gunung Gede-pun dilakukan bersama Kansar Bandung. Namun ternyata kesembilan pendaki illegal itu turun melalui jalur Cibodas dan telah sampai di Resort Cibodas sore hari tadi dengan selamat. Sebelumnya, dua perempuan sempat mengalami gejala hipotermia dan satu orang keseleo, yang menghambat perjalanan turun mereka.
Pembinaan kepada merekapun dilakukan langsung oleh Sapto Aji Prabowo, Kepala Balai Besar TNGGP dan Diah Qurani, Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur. Merekapun dikenakan sanksi “black list” selama dua tahun, tidak diizinkan naik ke Gunung Gede dan Pangrango.
Jadi, perbuatan mereka bukan untuk ditiru ya #sobatGepang

Mimin sangat sarankan agar #sobatGepang melakukan booking online secara resmi melalui website mimin www.gedepangrango.org trus bayar tiketnya juga online, termasuk tiket asuransi. Nah, kalo #sobatgepang gak punya tiket resmi dan tiket asuransi, mimin gak bisa menanggung akibat kejadian seperti ini. Masih untung diberikan selamat, lah kalo dicium matul gimana.. kan mimin yang repot. Jadilah pendaki yang bertanggung jawab, pendaki yang cerdas ya.. Memang sedikit repot dan sedkit lebih mahal, tapi lebih terjamin keselamatannya.
Sebagai informasi, pendakian ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango saat ini masih ditutup sementara. Beberpa pertimbangan belum dibuka karena masih memantau kejadian paska gempa dengan studi geohazard yang baru selesai, serta langkah-langkah mitigasi sedang disiapka. Selain itu kondisi cuaca juga masih belum bersahabat. Pada saat pendakian ditutup, secara tidak langsung juga memberikan kesempatan alam dan hidupan liar untuk “bernafas” bebas tanpa gangguan manusia.
#SobatGepang agar tetap patuhi aturan dan kebijakan yang diterapkan.

Salam lestari, tetap sehat.

Teks : Aganto Seno, S.Si, M.Sc.
Dokumentasi : Bidang PTN WIlayah I Cianjur

Post a Comment

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit sed.

Follow us on